Selasa, 14 Juni 2011

STRUKTUR KURIKULUM

BAB IV
STRUKTUR KURIKULUM DAN PENGATURAN BEBAN BELAJAR
MAN PUTUSSIBAUKAB. KAPUAS HULU

A. Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu sesuai dengan peraturan yang ada, mengikutikurikulum MA yang dikeluarkan Departemen Agama RI. Sejak Tahun Pelajaran2004-2005secara bertahap MAN Putussibau menggunakan sistem pembelajaran mengacupada KBK dan saat ini dalam proses adaptasi dengan KTSP. Selain acuanKurikulum di atas, di MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu juga memiliki ciri muatan lokal yangdiajarkan, diantaranya pelajaran Keterampilan Agama dan Usaha Mandiri yang lebih kental denganwatak muslim moderat serta SKU atau Syarat kecakapan Ubudiyah.Selain proses pembelajaran di dalam kelas, juga dipadukan pembelajaranoutbond yang dilaksanakan dalam paket kegiatan LC (Learning Community).Praktik ini dilaksanakan atas kerja sama dengan berbagai lembaga/instansi sepertiYayasan Media Insan (YASMIN) Kabupaten Kapuas Hulu, LPTQKAB. Kapuas Hulu, dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) IQRA’ Kabupaten Kapuas Hulu.
Kegiatanrutin dipusatkan di hari Minggu sebagai student day dari pagi hingga sore haridengan aktivitas: latihan basket dansepakbola, kursus Bahasa Arab dan Inggris,latihan pramuka, PMR, gambus/banjari dan Keterampilan Usaha Mandiri.Adapun program insidental dilaksanakan sepanjang tahun mulai darikegiatan pendidikan kader seperti Latihan Kepemimpinan, kegiatan penalaranseperti seminar, diskusi dan sarasehan, kegiatan olaraga seperti partisipasi dalamberbagai, kegiatan minat dan bakat sepertiDiklat Jurnalistik, ketrampilan home industri hingga kegiatan kesenian sepertipementasan drama, gambus dan pembuatan film indie bernuansa nilai-nilai Islami.Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara tidak terlepas dari pengaruh perubahan global,perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya.
Perkembangan dan perubahan secara terus-menerus ini menuntut perlunyaperbaikan sistem pendidikan nasional termasuk penyempurnaan kurikulum untukmewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaiakan diri denganperubahan zaman.Atas dasar tuntutan mewujudkan masyarakat seperti tersebut di ataspeningkatan mutu pendidikan termasuk yang diselenggarakan di madrasah yangdilakukan secara menyeluruh mencakup pengembangan dimensi manusia yangseutuhnya, yakni aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, perilaku, pengetahuan,kesehatan, keterampilan dan seni. Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuarapada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melaluipencapaian kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup, menyesuaiakan diri,dan berhasil di masa mendatang. Dengan demikian, peserta didik memilikiketangguhan, kemandirian dan jati diri yang dikembangkan melalui pembelajarandan atau pelatihan yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan.Penyelenggaraan pendidikan menengah di tingkat madrasah bertujuanuntuk menghasilkan kelulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yangMaha Esa, berakhlak mulia, mampu mengembangkan potensi diri sebagai anggotamasyarakat, bertanggungjawab dan demokratis, menguasai dasar-dasar ilmupengetahuan dan teknolgi, memiliki etos dan budaya kerja, serta mampu memasukidunia kerja atau mengikuti pendidikan lebih lanjut, sebagaimana yang tercantumdalam UU no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Struktur Kurikulum yang didisain di MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu merupakanstruktur khusus yang disusun untuk memberikan pelayanan yang maksimalterhadapperkembangan kompetensi yang dimiliki siswa, agar kemampuan siswa dapat ditumbuhkembangkan secara benar dan tepat ke arahpenguasaan IMTAQ dan IPTEK secara seimbang. Dalam struktur kurikulum MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu ada beberapa mata pelajaran yang ditambah jam tatapmukanya.Maksud tambahan jam tatap muka adalah untuk kegiatan responsi siswaterhadap mata pelajaran yang ditambah jam tatap mukanya.
Struktur kurikulum MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu meliputi substansi pembelajaranyang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas Xsampai dengan Kelas XII. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standarkompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.Pengorganisasian kelas-kelas pada MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu dibagi ke dalamdua kelompok, yaitu kelas X merupakan program umum yang diikuti oleh seluruhpeserta didik, dan kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terdiriatas tiga program:
(1) Program Ilmu Pengetahuan Alam,
(2) Program Ilmu Pengetahuan Sosial
(3) Program Keagamaan

1. Kurikulum MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu Kelas X
a. Kurikulum MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu Kelas X terdiri atas 16 mata pelajaran,muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel 3.Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkankompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah,termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkanke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan olehsatuan pendidikan.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuholeh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepadapeserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuaidengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengankondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbingoleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalambentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukanmelalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diripribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir pesertadidik.
b. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimanatertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkanmenambah maksimum empat jampembelajaran per minggu secarakeseluruhan.
c. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 dan 40 menit.
d. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38minggu.

Tabel 3: Struktur Kurikulum MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu Kelas X
Komponen
Sem 1
Sem 2
1.      Pendidikan Agama Islam
a.      Al-Qur'an-Hadis
b.      Akidah-Akhlak
c.       Fiqih
d.      Sejarah Kebudayaan Islam
2.      Pendidikan Kewarganegaraan
3.      Bahasa Indonesia
4.      Bahasa Inggris
5.      Bahasa Arab
6.      Matematika
7.      Fisika
8.      Biologi
9.      Kimia
10.  Sejarah
11.  Geografi
12.  Ekonomi
13.  Sosiologi
14.  Seni Budaya
15.  Pendidikan Jasmani, Olahraga, danKesehatan
16.  Teknologi Informasi dan Komunikasi
17.  Muatan Lokal*
18.  Pengembangan Diri**

2
2
2
-
2
4
2
4
4
2
2
2
1
1
2
2
2
2
2
2
2

2
2
2
-
2
4
2
4
4
2
2
2
1
1
2
2
2
2
2
2
2
Jumlah
46
46

2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran (1 jam tatap muka PBM)

2. Kurikulum MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu Kelas XI dan XII
Kurikulum MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu Kelas XI dan XII Program IPA,Program IPS, terdiri atas 13 mata pelajaran,muatan lokal, dan pengembangan diri. Kurikulum tersebut secaraberturut-turut disajikan pada Tabel 4, 5, dan 6.
Muatan lokal merupakankegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikandengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah,yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaranyang ada. Substansi muatan lokal ditentukan tersendiri oleh satuanpendidikan MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu.Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harusdiasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikankesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan danmengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiappeserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangandiri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenagakependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatanekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatanpelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dankehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikansebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikandimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran perminggu secara keseluruhan.
Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 dan 35 menit.
Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38minggu.

Tabel 4. Struktur Kurikulum MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu Kelas XI dan XIIprogram IPA
Komponen
Kelas XI
Kelas XII
Sem 1
Sem 2
Sem 1
Sem 2
1.      Pendidikan Agama Islam
a.       Al-Qur'an-Hadis
b.      Akidah-Akhlak
c.       Fiqih
d.      Sejarah Kebudayaan Islam
2.      Pendidikan Kewarganegaraan
3.      Bahasa Indonesia
4.      Bahasa Inggris
5.      Bahasa Arab
6.      Matematika
7.      Fisika
8.      Biologi
9.      Kimia
10.  Sejarah
11.  Seni Budaya
12.  Pendidikan Jasmani, Olahraga, danKesehatan
13.  Teknologi Informasi dan Komunikasi
14.  Muatan Lokal*
15.  Pengembangan Diri**

2
2
2
-
2
4
4
2
5
5
5
5
1
1
2
2
2
2

2
2
2
-
2
4
4
2
5
5
5
5
1
1
2
2
2
2

2
-
2
2
2
4
4
2
5
5
5
5
1
1
2
2
2
2

2
-
2
2
2
4
4
2
5
5
5
5
1
1
2
2
2
2
Jumlah
43
43
46
46

Tabel 5. Struktur Kurikulum MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu Kelas XI dan XII program IPS
Komponen
Kelas XI
Kelas XII
Sem 1
Sem 2
Sem 1
Sem 2
1.      Pendidikan Agama Islam
a.       Al-Qur'an-Hadis
b.      Akidah-Akhlak
c.       Fiqih
d.      Sejarah Kebudayaan Islam
2.      Pendidikan Kewarganegaraan
3.      Bahasa Indonesia
4.      Bahasa Inggris
5.      Bahasa Arab
6.      Matematika
7.      Sejarah
8.      Geografi
9.      Ekonomi
10.  Sosiologi
11.  Seni Budaya
12.  Pendidikan Jasmani, Olahraga, danKesehatan
13.  Teknologi Informasi dan Komunikasi
14.  Muatan Lokal*
15.  Pengembangan Diri**

2
2
2
-
2
4
4
2
4
3
3
5
3
1
2
2
2
2

2
2
2
-
2
4
4
2
4
3
3
5
3
1
2
2
2
2

2
-
2
2
2
4
4
2
4
3
4
5
4
1
2
2
2
2

2
-
2
2
2
4
4
2
4
3
4
5
4
1
2
2
2
2
Jumlah
47
47
47
47

2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran (1 jam tatap muka PBM)
Tabel 5. Struktur Kurikulum MAN Putussibau KAB. Kapuas Hulu Kelas XI dan XII program Keagamaan
Komponen
Kelas XI
Kelas XII
Sem 1
Sem 2
Sem 1
Sem 2
1.      Pendidikan Agama Islam
a.       Al-Qur'an-Hadis
b.      Akidah-Akhlak
c.       Fiqih
d.      Sejarah Kebudayaan Islam
2.      Pendidikan Kewarganegaraan
3.      Bahasa Indonesia
4.      Bahasa Inggris
5.      Bahasa Arab
6.      Matematika
7.      Sejarah
8.      Geografi
9.      Ekonomi
10.  Sosiologi
11.  Seni Budaya
12.  Pendidikan Jasmani, Olahraga, danKesehatan
13.  Teknologi Informasi dan Komunikasi
14.  Muatan Lokal*
15.  Pengembangan Diri**

2
2
2
-
2
4
4
2
4
3
3
5
3
1
2
2
2
2

2
2
2
-
2
4
4
2
4
3
3
5
3
1
2
2
2
2

2
-
2
2
2
4
4
2
4
3
4
5
4
1
2
2
2
2

2
-
2
2
2
4
4
2
4
3
4
5
4
1
2
2
2
2
Jumlah
47
47
47
47

2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran (1 jam tatap muka PBM)

B. Pengaturan Beban Pembelajaran
MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu menyelenggarakan program pendidikan denganmenggunakan sistem paket. Sistem Paket adalah sistem penyelenggaraan programpendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh programpembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuaidengan struktur kurikulum yang berlaku pada MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu. Beban belajarsetiap mata pelajaran pada Sistem Paket dinyatakan dalam satuan jampembelajaran.
Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan olehpeserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka,penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Semua itudimaksudkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan dengan memperhatikantingkat perkembangan peserta didik.Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa prosesinteraksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar kegiatan tatap mukaper jam pembelajaran pada MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu ditetapkan berlangsung selama45 dan 35 menit.
Beban belajar kegiatan tatap muka per minggu pada MAN PutussibauKAB. Kapuas Huluadalah Jumlah jam pembelajaran tatap muka per minggu adalah 46 jampembelajaran untuk kelas X dan XII, serta 43 jam pembelajaran untuk kelas XI.
Tabel 7. Beban Belajar Kegiatan Tatap Muka Keseluruhan untuk setiap SatuanPendidikan
SatuanPendidikan SMA/MA/SMALB*)
Kelas
Satu jampemb.Tatapmuka(menit)
Jumlah jampemb. Perminggu
MingguEfektifpertahunajaran
Waktupembelajaranper tahun
Jumlahjam pertahun(@60menit)
MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu
X s.d.XII
45
40 38-39 34-38
1292-1482 jampembelajaran
(58140 – 66690menit)
969-1111,5
2014 jamPembelajaran( 80560Menit )

            Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupapendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidikuntuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstrukturditentukan oleh pendidik.
Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yangberupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang olehpendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendirioleh peserta didik.Beban belajar penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstrukturterdiri dari waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstrukturbagi peserta didik pada MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu maksimum 60% dari jumlah waktukegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.
Penyelesaian program pendidikan dengan menggunakan sistem paketadalah tiga tahun untuk MAN PutussibauKAB. Kapuas Hulu. Program percepatan (Akselerasi)direncanakan mulai tahun pelajaran 2015/2016 untuk mengakomodasi peserta didikyang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.

Share |



MAN Putussibau