Sabtu, 11 Juni 2011

Visi Misi dan Tujuan


A. Visi dan Misi Madrasah

1.   Visi :

”UNGGUL DALAM PENGUASAAN IPTEK BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA MENUJU FITRAH MANUSIA  INDONESIA SEUTUHNYA
Adapun indikatornya adalah sebagai berikut:
Ø  FITRAH YANG SELAMAT: mempunyai akidah Islam ‘ala Ahlussunnah wal Jamaah yang kokoh, mampu melaksanakan ketaatan dalam menjalankan ibadah dengan baik dan benar, serta memiliki akhlak yang mulia.
Ø  FITRAH YANG BERKEMBANG: memiliki ilmu pengetahuan yang memadai sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan memiliki kompetensi serta keterampilan yang standar.
Ø  FITRAH YANG BERDAYA: mempunyai kecakapan hidup untuk dapat berperan dalam masyarakat lokal maupun global.

2. Misi

Menyelenggarakan proses pendidikan yang didukung oleh organisasi dan administrasi yang efektif, efisien, dan akuntabel serta berkelanjutan untuk menjamin keluaran yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, berkarakter Islami, serta berwawasan Ahlussunnah wal Jamaah.
Secara lebih operasional, Visi dan Misi MAN Putussibau di atas berusaha dicapai dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut
a.       Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi/fitrah yang dimiliki.
b.      Mewujudkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, kreatif dan inovatif.
c.       Menumbuhkembangkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga Madrasah baik dalam prestasi akademik maupun non akademik
d.      Mengembangkan penelitian untuk mendapatkan gagasan baru yang berorientasi masa depan.
e.       Mempeluas jaringan akses kerjasama dengan prinsip mutual symbiotic, baik dengan pesantren, instansi pemerintah, perguruan tinggi, maupun lembaga kemitraan yang lain.
f.       Memacu semangat untuk menjadi menjadi manusia yang bertakwa, soleh individual maupun sosial, islami, moderat, haus ilmu pengetahuan untuk mencapai derajat ulil albab serta bermanfaat bagi masyarakat.
g.      Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga Madrasah agar tercipta rasa memiliki dan rasa kebersamaan.
h.      Mewujudkan warga madrasah yang memiliki kepedulian terhadap diri, lingkungan dan berestetika tinggi.
i.        Meningkatkan pengetahuan siswa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka menunjang kelanjutan studi pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan berkualitas.
j.        Membiasakan penghayatan dan pelaksanaan nilai-nilai agama secara utuh dan inklusif.
k.      Meningkatkan kemampuan siswa dalam bersosialisasi dan berbudaya di masyarakat dihiasi sikap tasammuh, tawazun, i’tidal dan tawassuth serta tidak bersikap eksklusif dalam beragama.
l.        Menjadikan MAN Putussibau sebagai lembaga pendidikan dinamis yang memproses sumber daya manusia berbasis imtaq dan teknologi serta menghasilkan prestasi akademik maupun non akademik.

B.     Tujuan

Sebagaimana disebutkan dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, Tujuan Pendidikan Menengah (termasuk madrasah aliyah) adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Berpangkal tolak dari Tujuan Pendidikan Menengah di atas serta visi dan misi madrasah, tujuan yang diharapkan dari penyelenggaraan pendidikan di MAN Putussibau KAB. Kapuas Hulu adalah sebagai berikut.
  1. Meningkatkan persentase kelulusan Ujian Nasional menjadi 100 % .
  2. Meningkatkan angka persentase siswa yang diterima di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri, baik melalui jalur SPMB (SNMPTN) maupun PMDK.
  3. Meningkatkan kemampuan berfikir ilmiah warga madrasah melalui kegiatan penelitian sehingga dapat berprestasi di tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional
  4. Menciptakan proses pembelajaran yang mengasyikkan, menyenangkan, dan mencerdaskan dengan melengkapi ruang belajar yang berbasis multimedia.
  5. Meningkatkan pengetahuan siswa untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian yang Islami yang diimplementasikan melalui shalat berjamaah, diskusi keagamaan, penguasaan dua bahasa (Arab dan Inggris), dan seni Islami.
  6. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dalam lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya yang dijiwai ajaran Islam melalui kegiatan bakti sosial dan Studi Kenal Lingkungan.

Share |



MAN Putussibau