C. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
8. BAHASA ARAB
a. Kelas / Program : X / Inti, XI, XII / IPA, IPS
b. Standar Kompetensi Lulusan
· Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dantransaksional, secara
· Menyimak
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog tentangperkenalan,kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja, kesehatan,fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, kebudayaan Islam,budaya Arab, dan hari-hari besar Islam.
· Berbicara
Mengungkapkan secara lisan dalam bentuk paparan atau dialogtentang perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja,kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, kebudayaanIslam, budaya Arab, dan hari-hari besar Islam.
· Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis paparan atau dialogtentang perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja,kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, hari-haribesar Islam, budaya Arab, dan hari-hari besar Islam.
· Menulis
Mengungkapkan secara tertulis berbentuk paparan atau dialogtentang perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja,kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, hari-haribesar Islam, budaya Arab, dan hari-hari besar Islam.
1) Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Menyimak 1. Memahami informasi lisanberbentukpaparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga | 1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat tentang فراعتلاdan ةيلئاعلاةايحلا 1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang فراعتلا dan ةيلئاعلاةايحلا |
Berbicara 2. Mengungkapkan informasi secara lisanberbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga | 2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang فراعتلاdan ةيلئاعلاةايحلا 2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang فراعتلاdan ةيلئاعلاةايحلا |
Membaca 3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga | 3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar tentang perkenalan dan kehidupan keluarga 3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat tentang perkenalan dan kehidupan keluarga 3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang perkenalan dan kehidupan keluarga |
Menulis 4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga | 4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat tentang perkenalan dan kehidupan keluarga 4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang perkenalan dan kehidupan keluarga |
Keterangan
Tema-tema tersebut menggunakan bentuk kata ةفرعملاوةركنلاdanstruktur kalimat ربخلاوأدتبملا
2) Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Menyimak 1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan | 1.1.Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang hobi dan pekerjaan 1.2.Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang hobi dan pekerjaan |
Berbicara 2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan | 2.1.Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang hobi dan pekerjaan 2.2. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang hobi dan pekerjaan 2.3. Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang hobi dan pekerjaan |
Membaca 3. Memahami wacana tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan | 3.1.Melafalkan atau membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar tentang hobi dan pekerjaan 3.2. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang hobi dan pekerjaan 3.3. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang hobi dan pekerjaan |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Menulis 4. Mengungkapkan informasi secara tertulisberbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan | 4.1.Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar tentang hobi dan pekerjaan 4.2.Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang hobi dan pekerjaan |
Keterangan
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat رجلافورحضعب
دورولاةريثكلااهيناعموdan فطعلا
3) Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Menyimak 1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan | 1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang remaja dan kesehatan 1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang remaja dan kesehatan |
Berbicara 2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan | 2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan tentang remaja dengan lafal yang tepat tentang remaja dan kesehatan 2.2 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang remaja dan kesehatan 2.3 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang remaja dan kesehatan |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Membaca 3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan | 3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar tentang remaja dan kesehatan 3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat tentang remaja dan kesehatan 3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang remaja dan kesehatan |
Menulis 4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan | 4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat tentang remaja dan kesehatan 4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang remaja dan kesehatan |
Keterangan
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat توعنملاوتعنلاdan
ةفاضإلا
4) Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
Menyimak 1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata | 1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks engan tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata 1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
Berbicara 2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata | 2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata 2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang fasilitas umum dan pariwisata | |
Membaca 3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata | 3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar tentang fasilitas umum dan pariwisata 3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang fasilitas umum dan pariwisata 3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana secara tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata | |
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata | 4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar tentang fasilitas umum dan pariwisata 4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang fasilitas umum dan pariwisata | |
Keterangan
Tema-tema tersebut di atas menggunakan struktur kalimat ةيلعفةلمج
5) Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Menyimak 1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan dan tokohtokoh Islam | 1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam 1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam |
Berbicara 2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan dan tokohtokoh Islam | 2.1.Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam 2.2.Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam |
Membaca 3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan dan tokoh - tokoh Islam | 3.1.Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat, dan wacana tulis dengan benar tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam 3.2.Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam 3.3.Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Menulis 4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan dan tokohtokoh Islam | 4.1.Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam 4.2.Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang kebudayaan dan tokoh-tokohIslam |
Keterangan: Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat عراضملالعفلا
بوصنملاdan موزجملاعراضملالعفلا
6) Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Menyimak 1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang harihari besar Islam dan kisah-kisah Islami | 1.1Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang harihari besar Islam dan kisah-kisah Islami 1.2Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang wawasan Islam secara tepat tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami | ||
Berbicara 2 Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari besar Islam dan kisahkisah Islami | 2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang harihari besar Islam dan kisah-kisah Islami 2.2Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami | ||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Membaca 3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang hari hari besar Islam dan kisah-kisah Islami | 3.1Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan tepat dan benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami 3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami 3.4Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis dengan tepat tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami | ||
Menulis 4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari besar Islam dan kisahkisah Islami | 4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar tentang harihari besar Islam dan kisah-kisah Islami 4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimt dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami | ||
Keterangan
Tema-tema menggunakan struktur kalimat ءامسألاعفرdan ءامسألابصن