Selasa, 14 Juni 2011

BAHASA INDONESIA



C. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
6.      BAHASA INDONESIA
a.         Kelas / Program : X / Inti; XI, XII / IPA, IPS
b.         Standar Kompetensi Lulusan
·         Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian berita,laporan, saran, berberita, pidato, wawancara, diskusi, seminar, danpembacaan karya sastra berbentuk puisi, cerita rakyat, drama,cerpen, dan novel
·         Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran,perasaan, dan informasi dalamkegiatan berkenalan, diskusi,bercerita, presentasi hasil penelitian, serta mengomentaripembacaan puisi dan pementasan drama
·         Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacanatulis teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk rencana,teks pidato, serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, novel, biografi,puisi kontemporer, karya sastra berbagai angkatan dan sastraMelayu klasik

·         Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkanpikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks narasi, deskripsi,eksposisi, argumentasi, teks pidato, proposal, surat dinas, suratdagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karyailmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama,kritik, dan esei
1)         Kelas X, Semester 1
StandarKompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.      Memahami siaranatau cerita yangdisampaikansecara langsung/tidak langsung
1.1   Menanggapi siaran atau informasi darimedia elektronik (berita dan nonberita)
1.2   Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik danekstrinsik) suatu cerita yang disampaikansecara langsung/melalui rekaman
Berbicara
2         Mengungkapkanpikiran, perasaan,dan informasimelalui kegiatanberkenalan,berdiskusi, danbercerita
2.1   Memperkenalkan diri dan orang lain di dalamforum resmi dengan intonasi yangtepat
2.2   Mendiskusikan masalah (yang ditemukandari berbagai berita, artikel, atau buku)
2.3   Menceritakan berbagai pengalamandengan pilihan kata dan ekspresi yangtepat
StandarKompetensi
Kompetensi Dasar
Membaca
3         Memahamiberbagai teksbacaannonsastra denganberbagai teknikmembaca
3.1   Menemukan ide pokok berbagai teksnonsastra dengan teknik membaca cepat(250 kata/menit)
3.2   Mengidentifikasi ide teks nonsastra dariberbagai sumber melalui teknik membacaekstensif
Menulis
4         Mengungkapkaninformasi dalamberbagai bentukparagraf (naratif,deskriptif,ekspositif)
4.1   Menulis gagasan dengan menggunakanpola urutan waktu dan tempat dalambentukparagraf naratif
4.2   Menulis hasil observasi dalam bentukparagraf deskriptif
4.3   Menulis gagasan secara logis dansistematis dalam bentuk ragam paragrafekspositif
Mendengarkan
5         Memahami puisiyang disampaikansecaralangsung/tidaklangsung
5.1Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatupuisi yang disampaikan secara langsungataupun melalui rekamanMengungkapkan isi suatu puisi yangdisampaikan secaralangsung ataupunmelalui rekaman
Berbicara
6         Membahas ceritapendek melaluikegiatan diskusi
6.1   Mengemukakan hal-hal yang menarik ataumengesankan dari cerita pendek melaluikegiatan diskusi
6.2   Menemukan nilai-nilai cerita pendekmelalui kegiatan diskusi
Membaca
7         Memahamiwacana sastramelalui kegiatanmembaca puisidan cerpen
7.1   Membacakan puisi dengan lafal, nada,tekanan, dan intonasi yang tepat
7.2   Menganalisis keterkaitan unsur intrinsiksuatu cerpen dengan kehidupan seharihari
StandarKompetensi
Kompetensi Dasar
Menulis
8         Mengungkapkanpikiran, danperasaan melaluikegiatan menulispuisi
8.1   Menulis puisi lama dengan memperhatikanbait, irama, dan rima
8.2   Menulis puisi baru dengan memperhatikanbait, irama, dan rima





2)         Kelas X, Semester 2
StandarKompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9.      Memahamiinformasi melaluituturan
9.1      Menyimpulkan isi informasi yangdisampaikan melalui tuturan langsung
9.2      Menyimpulkan isi informasi yang didengarmelalui tuturan tidak langsung (rekamanatau teks yang dibacakan)
Berbicara
10.  Mengungkapkankomentarterhadapinformasi dariberbagai sumber
10.1   Memberikan kritik terhadap informasidari media cetak dan atau elektronik
10.2   Memberikan persetujuan/dukunganterhadap artikel yang terdapat dalammedia cetak dan atau elektronik
Membaca
11.  Memahami ragamwacana tulisdengan membacamemindai
11.1    Merangkum seluruh isi informasi teksbuku ke dalam beberapa kalimat denganmembaca memindai
11.2    Merangkum seluruh isi informasi darisuatu tabel dan atau grafik ke dalambeberapa kalimat dengan membacamemindai
StandarKompetensi
Kompetensi Dasar
Menulis
12.  Mengungkapkaninformasi melaluipenulisanparagraf dan tekspidato
12.1    Menulis gagasan untuk mendukung suatupendapat dalam bentuk paragrafargumentatif
12.2    Menulis gagasan untuk meyakinkan ataumengajak pembaca bersikap ataumelakukan sesuatu dalam bentukparagraf persuasif
12.3    Menulis hasil wawancara ke dalambeberapa paragraf dengan menggunakanejaan yang tepat
12.4    Menyusun teks pidato
Mendengarkan
13.     Memahami ceritarakyat yangdituturkan
13.1    Menemukan hal-hal yang menariktentang tokoh cerita rakyat yangdisampaikan secara langsung dan ataumelalui rekaman
13.2    Menjelaskan hal-hal yang menariktentang latar cerita rakyat yangdisampaikan secaralangsung dan ataumelalui rekaman
Berbicara
14.     Mengungkapkanpendapatterhadap puisimelalui diskusi
14.1    Membahas isi puisi berkenaan dengangambaran penginderaan, perasaan,pikiran, dan imajinasi melalui diskusi
14.2    Menghubungkan isi puisi dengan realitasalam, sosial budaya, dan masyarakatmelalui diskusi
Membaca
15.     Memahami sastraMelayu klasik
15.1     Mengidentifikasi karakteristik danstruktur unsur intrinsik sastra Melayuklasik
15.2     Menemukan nilai-nilai yang terkandungdi dalam sastra Melayu klasik
Menulis
16.     Mengungkapkanpengalaman dirisendiri dan oranglain ke dalamcerpen
16.1       Menulis karangan berdasarkankehidupan diri sendiri dalam cerpen(pelaku, peristiwa, latar)
16.2       Menulis karangan berdasarkanpengalaman orang lain dalam cerpen(pelaku, peristiwa, latar)




3)         Kelas XI, Semester 1
StandarKompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.   Memahamiberbagaiinformasi darisambutan/khotbah dan wawancara
1.1     Menemukan pokok-pokok isi sambutan/khotbah yang didengar
1.2     Merangkum isi pembicaraan dalamwawancara
Berbicara
2.      Mengungkapkansecara lisaninformasi hasilmembaca danwawancara
2.1     Menjelaskan secara lisan uraian topiktertentu dari hasil membaca (artikel ataubuku)
2.2     Menjelaskan hasil wawancara tentangtanggapan narasumber terhadap topiktertentu
Membaca
3.      Memahami ragamwacana tulisdengan membacaintensif danmembaca nyaring
3.1     Menemukan perbedaan paragraf induktifdan deduktif melalui kegiatan membacaintensif
3.2     Membacakan berita dengan intonasi, lafal,dan sikap membaca yang baik
Menulis
4.      Mengungkapkaninformasi dalambentuk proposal,surat dagang,karangan ilmiah
4.1     Menulis proposal untuk berbagaikeperluan
4.2     Menulis surat dagang dan surat kuasa
4.3     Melengkapi karya tulis dengan daftarpustaka dan catatan kaki
Mendengarkan
5.      Memahamipementasandrama
5.1     Mengidentifikasi peristiwa, pelaku danperwatakannya, dialog, dan konflik padapementasan drama
5.2     Menganalisis pementasan dramaberdasarkan teknik pementasan
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Berbicara
6.      Memerankantokoh dalampementasandrama
6.1     Menyampaikan dialog disertai gerak-gerikdan mimik, sesuai dengan watak tokoh
6.2     Mengekpresikan perilaku dan dialog tokohprotogonis dan atau antagonis
Membaca
7.      Memahamiberbagai hikayat,novelIndonesia/novelterjemahan
7.1     Menemukan unsur-unsur intrinsik danekstrinsik hikayat
7.2     Menganalisis unsur-unsur intrinsik danekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
Menulis
8.      Mengungkapkaninfomasi melaluipenulisan resensi
8.1  Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisanresensi
8.2  Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisanresensi




4)         Kelas XI, Semester 2
StandarKompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9.   Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar diskusi atau seminar
9.1    Merangkum isi pembicaraan dalam suatu
9.2    Mengomentari pendapat seseorang dalamsuatu diskusi atau seminar
Berbicara
10.  Menyampaikanlaporan hasilpenelitian dalamdiskusi atauseminar
10.1   Mempresentasikan hasil penelitiansecara runtut dengan menggunakanbahasa yangbaik dan benar
10.2   Mengomentari tanggapan orang lainterhadap presentasi hasil penelitian
StandarKompetensi
Kompetensi Dasar
Membaca
11.  Memahami ragamwacana tulisdengan membacacepat danmembaca intensif
11.1  Mengungkapkan pokok-pokok isi teksdengan membaca cepat 300 kata permenit
11.2  Membedakan fakta dan opini padaeditorialdengan membaca intensif
Menulis
12.  Mengungkapkaninformasi dalambentukrangkuman/ringkasa, notulen rapat,dan karyailmiah
12.1   Menulis rangkuman/ringkasan isi buku
12.2   Menulis notulen rapat sesuai dengan polapenulisannya
12.3   Menulis karya ilmiah seperti hasilpengamatan, dan penelitian
Mendengarkan
13.  Memahamipembacaancerpen
13.1  Mengidentifikasi alur, penokohan, danlatar dalam cerpen yang dibacakan
13.2  Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yangdibacakan
Berbicara
14.     Mengungkapkanwacana sastradalam bentukpementasandrama
14.1  Mengekspresikan dialog para tokohdalam pementasan drama
14.2  Menggunakan gerak-gerik, mimik, danintonasi, sesuai dengan watak tokohdalam pementasan drama
Membaca
15.     Memahami bukubiografi, novel,dan hikayat
15.1  Mengungkapkan hal-hal yang menarikdan dapat diteladani dari tokoh
15.2  Membandingkan unsur intrinsik danekstrinsik novel Indonesia/ terjemahandengan hikayat
Menulis
16.     Menulis naskahdrama
16.1  Mendeskripsikan perilaku manusiamelalui dialog naskah drama
16.2  Menarasikan pengalaman manusiadalam bentuk adegan dan latar padanaskah drama

5)         Kelas XII, Semester 1
StandarKompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.   Memahamiinformasi dariberbagai laporan
1.1      Membedakan antara fakta dan opini dariberbagai laporan lisan
1.2      Mengomentari berbagai laporan lisandengan memberikan kritik dan saran
Berbicara
2.   Mengungkapkangagasan,tanggapan, daninformasi dalamdiskusi
2.1      Menyampaikan gagasan dan tanggapandengan alasan yang logis dalam diskusi
2.2      Menyampaikan intisari buku nonfiksidengan menggunakan bahasa yang efektifdalam diskusi
Membaca
3.   Memahami artikeldan teks pidato
3.1     Menemukan ide pokok dan permasalahandalam artikel melalui kegiatan membacaintensif
3.2     Membaca nyaring teks pidato denganintonasi yang tepat
Menulis
4. Mengungkapkaninfomasi dalambentuk suratdinas, laporan,resensi
4.1 Menulis surat lamaran pekerjaanberdasarkan unsur-unsur dan struktur
4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi,bahasa, dan format yang baku
4.3 Menulis laporan diskusi denganmelampirkan notulen dan daftar hadir
4.4 Menulis resensi buku pengetahuanberdasarkan format baku
Mendengarkan
5. Memahamipembacaan novel
5.1    Menanggapi pembacaan penggalan noveldari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
5.2    Menjelaskan unsur-unsur intrinsik daripembacaan penggalan novel
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Berbicara
6. Mengungkapkanpendapat tentangpembacaan puisi
5.1    Menanggapi pembacaan puisi lamatentang lafal, intonasi, dan ekspresi yangtepat
5.2    Mengomentari pembacaan puisi barutentang lafal, intonasi, dan ekspresi yangtepat
Membaca
7. Memahamiwacana sastrapuisi dan cerpen
1.1   Membacakan puisi karya sendiri denganlafal, intonasi, penghayatan dan ekspresiyang sesuai
1.2   Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
Menulis
8.      Mengungkapkanpendapat,informasi, danpengalamandalam bentukresensi dancerpen
8.1  Menulis resensi buku kumpulan cerpenberdasarkan unsur-unsur resensi
8.2  Menulis cerpen berdasarkan kehidupanorang lain (pelaku, peristiwa, latar)




6)         Kelas XII, Semester 2
StandarKompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9. Memahamiinformasi dariberbagai sumberyang disampaikansecara lisan
9.1 Mengajukan saran perbaikan tentanginformasi yang disampaikan secaralangsung
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentanginformasi yang disampaikan melaluiradio/televisi
Berbicara
10.Mengungkapkaninformasi melaluipresentasi program/proposal &pidato tanpa teks
10.1      Mempresentasikan program kegiatan/proposal
10.2      Berpidato tanpa teks dengan lafal,intonasi, nada, dan sikap yang tepat
StandarKompetensi
Kompetensi Dasar
Membaca
11.Memahami ragamwacana tulismelalui kegiatanmembaca cepatdan membacaintensif
11.1    Menemukan ide pokok suatu teks denganmembaca cepat 300-350 kata per menit
11.2    Menentukan kalimat kesimpulan (idepokok) dari berbagai pola paragrafinduksi,deduksi dengan membacaintensif
Menulis
12.Mengungkapkanpikiran, pendapat,dan informasidalam penulisankarangan berpola
12.1    Menulis karangan berdasarkan topiktertentu dengan pola pengembangandeduktif dan induktif
12.2    Menulis esai berdasarkan topik tertentudengan pola pengembangan pembuka,isi, dan penutup
Mendengarkan
13.Memahamipembacaan teksdrama
13.1       Menemukan unsur-unsur intrinsik teksdrama yangdididengar melaluipembacaan
13.2       Menyimpulkan isi drama melaluipembacaan teks drama
Berbicara
14.Mengungkapantanggapanterhadappembacaan puisilama
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yangterkandung dalam gurindam
14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindamdengan kehidupan sehari-hari
Membaca
15.Memahami bukukumpulan puisikontemporer dankarya sastra yangdianggap pentingpada tiap periode
15.1 Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisikontemporer melalui kegiatan membacabuku kumpulan puisi komtemporer
15.2 Menemukan perbedaan karakteristikangkatan melalui membaca karya sastrayang dianggap penting pada setiapperiode
Menulis
16.Mengungkapkanpendapat dalambentuk kritik danesai
16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritikdan esai
16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisankritik dan esai untuk mengomentarikarya sastra





Share |



MAN Putussibau