C. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
6. BAHASA INDONESIA
a. Kelas / Program : X / Inti; XI, XII / IPA, IPS
b. Standar Kompetensi Lulusan
· Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian berita,laporan, saran, berberita, pidato, wawancara, diskusi, seminar, danpembacaan karya sastra berbentuk puisi, cerita rakyat, drama,cerpen, dan novel
· Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran,perasaan, dan informasi dalamkegiatan berkenalan, diskusi,bercerita, presentasi hasil penelitian, serta mengomentaripembacaan puisi dan pementasan drama
· Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacanatulis teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk rencana,teks pidato, serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, novel, biografi,puisi kontemporer, karya sastra berbagai angkatan dan sastraMelayu klasik
· Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkanpikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks narasi, deskripsi,eksposisi, argumentasi, teks pidato, proposal, surat dinas, suratdagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karyailmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama,kritik, dan esei
1) Kelas X, Semester 1
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Mendengarkan 1. Memahami siaranatau cerita yangdisampaikansecara langsung/tidak langsung | 1.1 Menanggapi siaran atau informasi darimedia elektronik (berita dan nonberita) 1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik danekstrinsik) suatu cerita yang disampaikansecara langsung/melalui rekaman | ||
Berbicara 2 Mengungkapkanpikiran, perasaan,dan informasimelalui kegiatanberkenalan,berdiskusi, danbercerita | 2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di dalamforum resmi dengan intonasi yangtepat 2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukandari berbagai berita, artikel, atau buku) 2.3 Menceritakan berbagai pengalamandengan pilihan kata dan ekspresi yangtepat | ||
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Membaca 3 Memahamiberbagai teksbacaannonsastra denganberbagai teknikmembaca | 3.1 Menemukan ide pokok berbagai teksnonsastra dengan teknik membaca cepat(250 kata/menit) 3.2 Mengidentifikasi ide teks nonsastra dariberbagai sumber melalui teknik membacaekstensif | ||
Menulis 4 Mengungkapkaninformasi dalamberbagai bentukparagraf (naratif,deskriptif,ekspositif) | 4.1 Menulis gagasan dengan menggunakanpola urutan waktu dan tempat dalambentukparagraf naratif 4.2 Menulis hasil observasi dalam bentukparagraf deskriptif 4.3 Menulis gagasan secara logis dansistematis dalam bentuk ragam paragrafekspositif | ||
Mendengarkan 5 Memahami puisiyang disampaikansecaralangsung/tidaklangsung | 5.1Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatupuisi yang disampaikan secara langsungataupun melalui rekamanMengungkapkan isi suatu puisi yangdisampaikan secaralangsung ataupunmelalui rekaman | ||
Berbicara 6 Membahas ceritapendek melaluikegiatan diskusi | 6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik ataumengesankan dari cerita pendek melaluikegiatan diskusi 6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendekmelalui kegiatan diskusi | ||
Membaca 7 Memahamiwacana sastramelalui kegiatanmembaca puisidan cerpen | 7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada,tekanan, dan intonasi yang tepat 7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsiksuatu cerpen dengan kehidupan seharihari | ||
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Menulis 8 Mengungkapkanpikiran, danperasaan melaluikegiatan menulispuisi | 8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikanbait, irama, dan rima 8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikanbait, irama, dan rima | ||
2) Kelas X, Semester 2
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar | |
Mendengarkan 9. Memahamiinformasi melaluituturan | 9.1 Menyimpulkan isi informasi yangdisampaikan melalui tuturan langsung 9.2 Menyimpulkan isi informasi yang didengarmelalui tuturan tidak langsung (rekamanatau teks yang dibacakan) | |
Berbicara 10. Mengungkapkankomentarterhadapinformasi dariberbagai sumber | 10.1 Memberikan kritik terhadap informasidari media cetak dan atau elektronik 10.2 Memberikan persetujuan/dukunganterhadap artikel yang terdapat dalammedia cetak dan atau elektronik | |
Membaca 11. Memahami ragamwacana tulisdengan membacamemindai | 11.1 Merangkum seluruh isi informasi teksbuku ke dalam beberapa kalimat denganmembaca memindai 11.2 Merangkum seluruh isi informasi darisuatu tabel dan atau grafik ke dalambeberapa kalimat dengan membacamemindai | |
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar | |
Menulis 12. Mengungkapkaninformasi melaluipenulisanparagraf dan tekspidato | 12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatupendapat dalam bentuk paragrafargumentatif 12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan ataumengajak pembaca bersikap ataumelakukan sesuatu dalam bentukparagraf persuasif 12.3 Menulis hasil wawancara ke dalambeberapa paragraf dengan menggunakanejaan yang tepat 12.4 Menyusun teks pidato | |
Mendengarkan 13. Memahami ceritarakyat yangdituturkan | 13.1 Menemukan hal-hal yang menariktentang tokoh cerita rakyat yangdisampaikan secara langsung dan ataumelalui rekaman 13.2 Menjelaskan hal-hal yang menariktentang latar cerita rakyat yangdisampaikan secaralangsung dan ataumelalui rekaman | |
Berbicara 14. Mengungkapkanpendapatterhadap puisimelalui diskusi | 14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengangambaran penginderaan, perasaan,pikiran, dan imajinasi melalui diskusi 14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitasalam, sosial budaya, dan masyarakatmelalui diskusi | |
Membaca 15. Memahami sastraMelayu klasik | 15.1 Mengidentifikasi karakteristik danstruktur unsur intrinsik sastra Melayuklasik 15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandungdi dalam sastra Melayu klasik | |
Menulis 16. Mengungkapkanpengalaman dirisendiri dan oranglain ke dalamcerpen | 16.1 Menulis karangan berdasarkankehidupan diri sendiri dalam cerpen(pelaku, peristiwa, latar) 16.2 Menulis karangan berdasarkanpengalaman orang lain dalam cerpen(pelaku, peristiwa, latar) | |
3) Kelas XI, Semester 1
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar | |
Mendengarkan 1. Memahamiberbagaiinformasi darisambutan/khotbah dan wawancara | 1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/khotbah yang didengar 1.2 Merangkum isi pembicaraan dalamwawancara | |
Berbicara 2. Mengungkapkansecara lisaninformasi hasilmembaca danwawancara | 2.1 Menjelaskan secara lisan uraian topiktertentu dari hasil membaca (artikel ataubuku) 2.2 Menjelaskan hasil wawancara tentangtanggapan narasumber terhadap topiktertentu | |
Membaca 3. Memahami ragamwacana tulisdengan membacaintensif danmembaca nyaring | 3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktifdan deduktif melalui kegiatan membacaintensif 3.2 Membacakan berita dengan intonasi, lafal,dan sikap membaca yang baik | |
Menulis 4. Mengungkapkaninformasi dalambentuk proposal,surat dagang,karangan ilmiah | 4.1 Menulis proposal untuk berbagaikeperluan 4.2 Menulis surat dagang dan surat kuasa 4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftarpustaka dan catatan kaki | |
Mendengarkan 5. Memahamipementasandrama | 5.1 Mengidentifikasi peristiwa, pelaku danperwatakannya, dialog, dan konflik padapementasan drama 5.2 Menganalisis pementasan dramaberdasarkan teknik pementasan | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
Berbicara 6. Memerankantokoh dalampementasandrama | 6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerikdan mimik, sesuai dengan watak tokoh 6.2 Mengekpresikan perilaku dan dialog tokohprotogonis dan atau antagonis | |
Membaca 7. Memahamiberbagai hikayat,novelIndonesia/novelterjemahan | 7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik danekstrinsik hikayat 7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik danekstrinsik novel Indonesia/terjemahan | |
Menulis 8. Mengungkapkaninfomasi melaluipenulisan resensi | 8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisanresensi 8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisanresensi | |
4) Kelas XI, Semester 2
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar diskusi atau seminar | 9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu 9.2 Mengomentari pendapat seseorang dalamsuatu diskusi atau seminar |
Berbicara 10. Menyampaikanlaporan hasilpenelitian dalamdiskusi atauseminar | 10.1 Mempresentasikan hasil penelitiansecara runtut dengan menggunakanbahasa yangbaik dan benar 10.2 Mengomentari tanggapan orang lainterhadap presentasi hasil penelitian |
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar |
Membaca 11. Memahami ragamwacana tulisdengan membacacepat danmembaca intensif | 11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teksdengan membaca cepat 300 kata permenit 11.2 Membedakan fakta dan opini padaeditorialdengan membaca intensif |
Menulis 12. Mengungkapkaninformasi dalambentukrangkuman/ringkasa, notulen rapat,dan karyailmiah | 12.1 Menulis rangkuman/ringkasan isi buku 12.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan polapenulisannya 12.3 Menulis karya ilmiah seperti hasilpengamatan, dan penelitian |
Mendengarkan 13. Memahamipembacaancerpen | 13.1 Mengidentifikasi alur, penokohan, danlatar dalam cerpen yang dibacakan 13.2 Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yangdibacakan |
Berbicara 14. Mengungkapkanwacana sastradalam bentukpementasandrama | 14.1 Mengekspresikan dialog para tokohdalam pementasan drama 14.2 Menggunakan gerak-gerik, mimik, danintonasi, sesuai dengan watak tokohdalam pementasan drama |
Membaca 15. Memahami bukubiografi, novel,dan hikayat | 15.1 Mengungkapkan hal-hal yang menarikdan dapat diteladani dari tokoh 15.2 Membandingkan unsur intrinsik danekstrinsik novel Indonesia/ terjemahandengan hikayat |
Menulis 16. Menulis naskahdrama | 16.1 Mendeskripsikan perilaku manusiamelalui dialog naskah drama 16.2 Menarasikan pengalaman manusiadalam bentuk adegan dan latar padanaskah drama |
5) Kelas XII, Semester 1
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar | |
Mendengarkan 1. Memahamiinformasi dariberbagai laporan | 1.1 Membedakan antara fakta dan opini dariberbagai laporan lisan 1.2 Mengomentari berbagai laporan lisandengan memberikan kritik dan saran | |
Berbicara 2. Mengungkapkangagasan,tanggapan, daninformasi dalamdiskusi | 2.1 Menyampaikan gagasan dan tanggapandengan alasan yang logis dalam diskusi 2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksidengan menggunakan bahasa yang efektifdalam diskusi | |
Membaca 3. Memahami artikeldan teks pidato | 3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahandalam artikel melalui kegiatan membacaintensif 3.2 Membaca nyaring teks pidato denganintonasi yang tepat | |
Menulis 4. Mengungkapkaninfomasi dalambentuk suratdinas, laporan,resensi | 4.1 Menulis surat lamaran pekerjaanberdasarkan unsur-unsur dan struktur 4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi,bahasa, dan format yang baku 4.3 Menulis laporan diskusi denganmelampirkan notulen dan daftar hadir 4.4 Menulis resensi buku pengetahuanberdasarkan format baku | |
Mendengarkan 5. Memahamipembacaan novel | 5.1 Menanggapi pembacaan penggalan noveldari segi vokal, intonasi, dan penghayatan 5.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik daripembacaan penggalan novel | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
Berbicara 6. Mengungkapkanpendapat tentangpembacaan puisi | 5.1 Menanggapi pembacaan puisi lamatentang lafal, intonasi, dan ekspresi yangtepat 5.2 Mengomentari pembacaan puisi barutentang lafal, intonasi, dan ekspresi yangtepat | |
Membaca 7. Memahamiwacana sastrapuisi dan cerpen | 1.1 Membacakan puisi karya sendiri denganlafal, intonasi, penghayatan dan ekspresiyang sesuai 1.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | |
Menulis 8. Mengungkapkanpendapat,informasi, danpengalamandalam bentukresensi dancerpen | 8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpenberdasarkan unsur-unsur resensi 8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupanorang lain (pelaku, peristiwa, latar) | |
6) Kelas XII, Semester 2
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar | |
Mendengarkan 9. Memahamiinformasi dariberbagai sumberyang disampaikansecara lisan | 9.1 Mengajukan saran perbaikan tentanginformasi yang disampaikan secaralangsung 9.2 Mengajukan saran perbaikan tentanginformasi yang disampaikan melaluiradio/televisi | |
Berbicara 10.Mengungkapkaninformasi melaluipresentasi program/proposal &pidato tanpa teks | 10.1 Mempresentasikan program kegiatan/proposal 10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal,intonasi, nada, dan sikap yang tepat | |
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar | |
Membaca 11.Memahami ragamwacana tulismelalui kegiatanmembaca cepatdan membacaintensif | 11.1 Menemukan ide pokok suatu teks denganmembaca cepat 300-350 kata per menit 11.2 Menentukan kalimat kesimpulan (idepokok) dari berbagai pola paragrafinduksi,deduksi dengan membacaintensif | |
Menulis 12.Mengungkapkanpikiran, pendapat,dan informasidalam penulisankarangan berpola | 12.1 Menulis karangan berdasarkan topiktertentu dengan pola pengembangandeduktif dan induktif 12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentudengan pola pengembangan pembuka,isi, dan penutup | |
Mendengarkan 13.Memahamipembacaan teksdrama | 13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teksdrama yangdididengar melaluipembacaan 13.2 Menyimpulkan isi drama melaluipembacaan teks drama | |
Berbicara 14.Mengungkapantanggapanterhadappembacaan puisilama | 14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yangterkandung dalam gurindam 14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindamdengan kehidupan sehari-hari | |
Membaca 15.Memahami bukukumpulan puisikontemporer dankarya sastra yangdianggap pentingpada tiap periode | 15.1 Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisikontemporer melalui kegiatan membacabuku kumpulan puisi komtemporer 15.2 Menemukan perbedaan karakteristikangkatan melalui membaca karya sastrayang dianggap penting pada setiapperiode | |
Menulis 16.Mengungkapkanpendapat dalambentuk kritik danesai | 16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritikdan esai 16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisankritik dan esai untuk mengomentarikarya sastra | |