C. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
7. BAHASA INGGRIS
a. Kelas / Program : X / Inti, XI, XII / IPA, IPS
b. Standar Kompetensi Lulusan
· Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dantransaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount,narrative, procedure, descriptive, news item, report, analyticalexposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, danreview, dalam konteks kehidupan sehari-hari
· Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dantransaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount,narrative, procedure, descriptive, news item, report, analyticalexposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, danreview, dalam konteks kehidupan sehari-hari
· Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dantransaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount,narrative, procedure, descriptive, news item, report, analyticalexposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, danreview, dalam konteks kehidupan sehari-hari
· Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonaldan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentukrecount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analyticalexposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, danreview, dalam konteks kehidupan sehari-hari
1) Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami makna dalam percakapantransaksional dan interpersonal resmi danberlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan seharihari interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutu: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure | 1.1Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas 1.2 Merespon makna dalam percakapantransaksional (to get things done) dan |
2 Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan seharihari | 2.1Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari 2.2Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk:report,narrative, dan analytical exposition |
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar |
Berbicara 3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan seharihari | 3.1Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas 3.2Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure |
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar |
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan seharihari secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari | 4.1Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi 4.2Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition |
Membaca 5 Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan seharihari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan | 5.1Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari 5.2Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition |
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar |
Menulis 6 Mengungkapkan makna dalamteks esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan seharihari | 6.1Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 6.2Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition |
2) Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 7 Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan seharihari | 7.1Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih 7.2Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel |
8 Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari hari | 8.1Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 8.2Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Berbicara 9 Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam | 9.1Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, konteks kehidupan seharihari menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih 9.2Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel |
10 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan seharihari | 10.1Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 10.2Mengungkapkan makna dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Membaca 11 Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam Konteks kehidupan seharihari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan | 11.1Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan 11.2Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
Menulis 12 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei | 12.1Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan seharihari secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 12.2Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition |
3) Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan Interpersonal resmi dan berlanjut dalam Konteks kehidupan seharihari | 1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap |
2. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explana-tion dan discussion dalam | 2.1Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 2.2Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: konteks kehidupan seharihari narrative, explanation, dan discussion |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Berbicara 3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam Konteks kehidupan seharihari | 3.1Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah 3.2Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap |
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari hari | 4.1Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 4.2Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Membaca 5. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esei berbentuk narrative, | 5.1Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan. 5.2Merespon makna dan langkah retorika dalam explanation dan discussion dalam Konteks kehidupan seharihari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
Menulis 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari | 6.1Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 6.2Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
4) Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 7. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan Interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan seharihari | 7.1Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah 7.2Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancer dan berterima yang enggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilai |
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang Berbentuk narrative dan review dalam Konteks kehidupan seharihari | 8.1Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 8.2Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Berbicara 9. Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan pada Percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan seharihari | 9.1Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah 9.2Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancer dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian |
10.Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar | 10.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 10.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari dan berterima dalam konteks kehidupan sehari hari dalam teks berbentuk: narrative dan review |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Membaca 11.Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan | 11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan 11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review |
Menulis 12.Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan seharihari | 12.1 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dalam teks berbentuk: narrative dan review |
TAMBAHAN UNTUK PROGRAM BAHASA
3) Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami makna yang terdapat dalam public speaking sederhana | 1.1 Merespon makna yang diungkapkan oleh Master of Ceremony 2.1 Merespon makna yang diungkapkan oleh Show Presenter (Host) dan News Reader |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Berbicara 2. Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking sederhana | 2.1Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking sederhana sebagai Master of Ceremony 2.2Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking sederhana sebagai Show Presenter (Host) dan News Reader |
Membaca 3. Memahami naskah dalam konteks public speaking sederhana | 3.1Membaca naskah public speaking sederhana dengan nyaring dan dengan pelafalan yang tepat sebagai Master of Ceremony 3.2Membaca naskah public speaking sederhana dengan nyaring dan dengan pelafalan yang tepat sebagai Show Presenter (Host) dan News Reader |
Menulis 4. Mengungkapkan makna dalam konteks persiapan public speaking sederhana | 4.1Menulis naskah public speaking sederhana sebagai Master of Ceremony 4.2Menulis naskah public speaking sederhana sebagai Show Presenter (Host) dan News Reader |
4) Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami karya sastra lisan yang populer dan disederhanakan (simplified) | 1.1Merespon makna dalam karya sastra lisan, seperti lagu berbahasa inggris dan puisi kontemporer 1.2Memahami dan merespon makna dalam karya sastra lisan, seperti film dan drama kontemporer |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Berbicara 2. Mengungkapkan karya sastra lisan yang populer dan disederhanakan (simplified) | 2.1Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi kontemporer 2.2Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti film dan drama kontemporer |
Membaca 3. Memahami karya sastra yang | 3.1Merespon makna dalam dalam karya sastra, seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi populer dan disederhanakan (simplified) kontemporer 3.2Merespon makna dalam dalam karya sastra, seperti cerita pendek |
Menulis 4. Mengungkapkan kembali karya sastra lisan yang populer dan disederhanakan (simplified) | 4.1Menulis cerita dalam bentuk esei tentang lirik lagu yang didengarnya 4.2Mengungkapkan kembali cerita berbahasa Inggris yang disederhanakan (simplified) ke dalam bentuk tulisan lain dengan atau tanpa mengubah konteks latar waktu dan tempatnya |
5) Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami makna yang terdapat dalampublic speaking dalam konteks akademik | 1.1 Merespon makna yang diungkapkan dalam pidato 1.2 Merespon makna yang diungkapkan dalam debat dan presentasi |
Berbicara 2. Mengungkapkan makna dalam public speaking dalam konteks akademik | 2.1 Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking seperti pidato 2.2 Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking seperti debat dan presentasi |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Membaca 3. Memahami naskah public speaking dalamkonteks akademik | 3.1Memahami naskah public speaking dalam konteks akademik seperti pidato 3.2 Memahami naskah public speaking dalam konteks akademik seperti debat dan presentasi |
Menulis 4. Mengungkapkan makna dalam naskah persiapan public speaking dalam konteks akademik | 4.1 Menulis naskah public speaking sederhana dalam konteks akademik seperti pidato 4.2 Menulis naskah public speaking sederhana dalam konteks akademik seperti debat dan presentasi |
6) Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami karya sastra lisan yang populer dan otentik sederhana | 1.1 Memahami dan merespon makna dalam karya sastra lisan seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi kontemporer 1.2 Memahami dan merespon makna dalam karya sastra lisan seperti film dan drama kontemporer |
Berbicara 2. Mengungkapkan karya sastra lisan yang populer dan otentik sederhana | 2.1Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi kontemporer 2.2Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti film dan drama kontemporer |
Membaca 3. Memahami karya sastra yang populer danotentik sederhana | 3.1Membaca pidato tokoh-tokoh terkenal 3.2Memahami makna dalam lagu berbahasa Inggris, novel, dan ceritera pendek |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Menulis 4. Mengungkapkan kembali karya sastra yang populer dan otentik sederhana secara tertulis | 4.1Menulis esei tentang lirik lagu dan puisi Kontemporer 4.2Mengungkapkan kembali cerita berbahasa Inggris yang populer dan otentik sederhana ke dalam bentuk tulisan lain dengan atau tanpa mengubah konteks latar waktu dan tempatnya |
7. BAHASA INGGRIS
a. Kelas / Program : X / Inti, XI, XII / IPA, IPS
b. Standar Kompetensi Lulusan
· Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dantransaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount,narrative, procedure, descriptive, news item, report, analyticalexposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, danreview, dalam konteks kehidupan sehari-hari
· Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dantransaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount,narrative, procedure, descriptive, news item, report, analyticalexposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, danreview, dalam konteks kehidupan sehari-hari
· Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dantransaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount,narrative, procedure, descriptive, news item, report, analyticalexposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, danreview, dalam konteks kehidupan sehari-hari
· Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonaldan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentukrecount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analyticalexposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, danreview, dalam konteks kehidupan sehari-hari
1) Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami makna dalam percakapantransaksional dan interpersonal resmi danberlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan seharihari interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutu: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure | 1.1Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas 1.2 Merespon makna dalam percakapantransaksional (to get things done) dan |
2 Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan seharihari | 2.1Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari 2.2Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk:report,narrative, dan analytical exposition |
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar |
Berbicara 3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan seharihari | 3.1Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas 3.2Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure |
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar |
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan seharihari secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari | 4.1Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi 4.2Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition |
Membaca 5 Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan seharihari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan | 5.1Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari 5.2Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition |
StandarKompetensi | Kompetensi Dasar |
Menulis 6 Mengungkapkan makna dalamteks esei berbentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan seharihari | 6.1Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 6.2Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition |
2) Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 7 Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan seharihari | 7.1Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih 7.2Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel |
8 Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari hari | 8.1Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 8.2Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Berbicara 9 Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam | 9.1Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, konteks kehidupan seharihari menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih 9.2Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel |
10 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan seharihari | 10.1Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 10.2Mengungkapkan makna dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Membaca 11 Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam Konteks kehidupan seharihari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan | 11.1Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan 11.2Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
Menulis 12 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei | 12.1Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan seharihari secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 12.2Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition |
3) Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan Interpersonal resmi dan berlanjut dalam Konteks kehidupan seharihari | 1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap |
2. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explana-tion dan discussion dalam | 2.1Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 2.2Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: konteks kehidupan seharihari narrative, explanation, dan discussion |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Berbicara 3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam Konteks kehidupan seharihari | 3.1Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah 3.2Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap |
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari hari | 4.1Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 4.2Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Membaca 5. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esei berbentuk narrative, | 5.1Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan. 5.2Merespon makna dan langkah retorika dalam explanation dan discussion dalam Konteks kehidupan seharihari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
Menulis 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari | 6.1Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 6.2Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
4) Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 7. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan Interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan seharihari | 7.1Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah 7.2Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancer dan berterima yang enggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilai |
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang Berbentuk narrative dan review dalam Konteks kehidupan seharihari | 8.1Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 8.2Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Berbicara 9. Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan pada Percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan seharihari | 9.1Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah 9.2Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancer dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian |
10.Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar | 10.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 10.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari dan berterima dalam konteks kehidupan sehari hari dalam teks berbentuk: narrative dan review |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Membaca 11.Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan | 11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan 11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review |
Menulis 12.Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan seharihari | 12.1 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dalam teks berbentuk: narrative dan review |
TAMBAHAN UNTUK PROGRAM BAHASA
3) Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami makna yang terdapat dalam public speaking sederhana | 1.1 Merespon makna yang diungkapkan oleh Master of Ceremony 2.1 Merespon makna yang diungkapkan oleh Show Presenter (Host) dan News Reader |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Berbicara 2. Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking sederhana | 2.1Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking sederhana sebagai Master of Ceremony 2.2Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking sederhana sebagai Show Presenter (Host) dan News Reader |
Membaca 3. Memahami naskah dalam konteks public speaking sederhana | 3.1Membaca naskah public speaking sederhana dengan nyaring dan dengan pelafalan yang tepat sebagai Master of Ceremony 3.2Membaca naskah public speaking sederhana dengan nyaring dan dengan pelafalan yang tepat sebagai Show Presenter (Host) dan News Reader |
Menulis 4. Mengungkapkan makna dalam konteks persiapan public speaking sederhana | 4.1Menulis naskah public speaking sederhana sebagai Master of Ceremony 4.2Menulis naskah public speaking sederhana sebagai Show Presenter (Host) dan News Reader |
4) Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami karya sastra lisan yang populer dan disederhanakan (simplified) | 1.1Merespon makna dalam karya sastra lisan, seperti lagu berbahasa inggris dan puisi kontemporer 1.2Memahami dan merespon makna dalam karya sastra lisan, seperti film dan drama kontemporer |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Berbicara 2. Mengungkapkan karya sastra lisan yang populer dan disederhanakan (simplified) | 2.1Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi kontemporer 2.2Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti film dan drama kontemporer |
Membaca 3. Memahami karya sastra yang | 3.1Merespon makna dalam dalam karya sastra, seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi populer dan disederhanakan (simplified) kontemporer 3.2Merespon makna dalam dalam karya sastra, seperti cerita pendek |
Menulis 4. Mengungkapkan kembali karya sastra lisan yang populer dan disederhanakan (simplified) | 4.1Menulis cerita dalam bentuk esei tentang lirik lagu yang didengarnya 4.2Mengungkapkan kembali cerita berbahasa Inggris yang disederhanakan (simplified) ke dalam bentuk tulisan lain dengan atau tanpa mengubah konteks latar waktu dan tempatnya |
5) Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami makna yang terdapat dalampublic speaking dalam konteks akademik | 1.1 Merespon makna yang diungkapkan dalam pidato 1.2 Merespon makna yang diungkapkan dalam debat dan presentasi |
Berbicara 2. Mengungkapkan makna dalam public speaking dalam konteks akademik | 2.1 Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking seperti pidato 2.2 Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking seperti debat dan presentasi |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Membaca 3. Memahami naskah public speaking dalamkonteks akademik | 3.1Memahami naskah public speaking dalam konteks akademik seperti pidato 3.2 Memahami naskah public speaking dalam konteks akademik seperti debat dan presentasi |
Menulis 4. Mengungkapkan makna dalam naskah persiapan public speaking dalam konteks akademik | 4.1 Menulis naskah public speaking sederhana dalam konteks akademik seperti pidato 4.2 Menulis naskah public speaking sederhana dalam konteks akademik seperti debat dan presentasi |
6) Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami karya sastra lisan yang populer dan otentik sederhana | 1.1 Memahami dan merespon makna dalam karya sastra lisan seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi kontemporer 1.2 Memahami dan merespon makna dalam karya sastra lisan seperti film dan drama kontemporer |
Berbicara 2. Mengungkapkan karya sastra lisan yang populer dan otentik sederhana | 2.1Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi kontemporer 2.2Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti film dan drama kontemporer |
Membaca 3. Memahami karya sastra yang populer danotentik sederhana | 3.1Membaca pidato tokoh-tokoh terkenal 3.2Memahami makna dalam lagu berbahasa Inggris, novel, dan ceritera pendek |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Menulis 4. Mengungkapkan kembali karya sastra yang populer dan otentik sederhana secara tertulis | 4.1Menulis esei tentang lirik lagu dan puisi Kontemporer 4.2Mengungkapkan kembali cerita berbahasa Inggris yang populer dan otentik sederhana ke dalam bentuk tulisan lain dengan atau tanpa mengubah konteks latar waktu dan tempatnya |