Selasa, 14 Juni 2011

BIOLOGI


C. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran

11. BIOLOGI
a. Kelas / Program : X / Inti; dan XI, XII / IPA
b. Standar Kompetensi Lulusan
·            Merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis,menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen,menggunakan berbagai peralatan untuk melakukan pengamatandan pengukuran yang tepat dan teliti, mengumpulkan, mengolah,menafsirkan dan menyajikan data secara sistematis, dan menarikkesimpulan sesuai dengan bukti yang diperoleh, sertaberkomunikasi ilmiah hasil percobaan secara lisan dan tertulis
·            Memahami keanekaragaman hayati dan klasifikasinya, peranankeanekaragaman hayatibagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
·            Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, perubahanmateri dan energi, serta peranan manusia dalam keseimbanganekosistem
·            Memahami konsep sel dan jaringan, keterkaitan antara struktur danfungsi organ, kelainan dan penyakit yang mungkin terjadi padasistem organ, serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologidan masyarakat
·            Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan danperkembangan, proses metabolisme dan hereditas, evolusi danimplikasinya dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
·            Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinyapada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat

1)         Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
2.Memahami  prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya bagi kehidupan
2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan,  dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan

2)      Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta  pemanfaatan sumber daya alam
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan
3.5Memahami manfaat keanekaragaman hayati
4.Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia   serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan /pencemaran  lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4 Membuat produk daur ulang limbah

3)      Kelas XI IPA, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel,struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.2 Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
1.3 Membandingkan mekanisme transport pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2. Memahami keter kaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks Salingtemas
2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya,  menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit  yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah

4)      Kelas XI IPA, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau  penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang  dapat terjadi pada system pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan  serangga)
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan  sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta  kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit  penyakit

5)            Kelas XII IPA, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan  tumbuhan
2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme  lemak dan protein
3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas
3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan 7kromosom
3.2 Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNApolipeptida dan proses sintesis protein
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas

6)         Kelas XII IPA, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas
4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
4.2 Mengkomunikasikan hasil studi evolusi biologi
4.3 Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
5. Memahami teori evolusi prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada  Salingtemas
5.1 Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas

Share |



MAN Putussibau