Selasa, 14 Juni 2011

MATEMATIKA


C. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran

9. MATEMATIKA
a. Kelas / Program: X / Inti; XI, XII / IPA; XI, XII / IPS; XI, XII / BHS
b. Standar Kompetensi Lulusan
·   Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya,menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataanberkuantor, serta menggunakan prinsip logika matematika dalampemecahan masalah
·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akardan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat, fungsieksponen dan grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi invers,persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran danpersamaan garis singgungnya, suku banyak, algoritma pembagiandan teorema sisa, program linear, matriks dan determinan, vektor,transformasi geometri dan komposisinya, barisan dan deret, sertamenggunakannya dalam pemecahan masalah
·   Menentukan kedudukan, jarak dan besar sudut yang melibatkan titik,garis dan bidang di ruang dimensi tiga serta menggunakannya dalampemecahan masalah
·   Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan dan identitastrigonometri, rumus sinus dan kosinus jumlah dan selisih dua sudut,rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus, serta menggunakannyadalam pemecahan masalah
·   Memahami limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri di suatu titik dansifat-sifatnya, turunan fungsi, nilai ekstrem, integral tak tentu danintegral tentu fungsi aljabar dan trigonometri, serta menerapkannyadalam pemecahan masalah
·   Memahami dan mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk tabel,diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak danukuran penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel danpeluang kejadian dan menerapkannya dalam pemecahan masalah
·   Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalamkehidupan Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis,kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerjasama

1)            Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Aljabar
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
2.1 Memahami konsep fungsi
2.2 Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
2.3 Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.4 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.5 Merancang model matematika dari  masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat
2.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel
3.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran  linear dan kuadrat dalam dua variable
3.2 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem  persamaan linear
3.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear dan penafsirannya
3.4 Menyelesaikan pertidaksamaan satu variable yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
3.5 Merancang model matematika dari  masalah yang berkaitan dengan  pertidaksamaan satu variabel
3.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya

2)         Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Logika
4. Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
4.1Memahami pernyataan dalam  matematika dan ingkaran atau negasinya
4.2Menentukan nilai kebenaran dari suatu  pernyataan majemuk dan pernyataan  berkuantor
4.3Merumuskan pernyataan yang setara  dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan
4.4Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan  pernyataan majemuk dan pernyataan  berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah
Trigonometri
5. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
5.1Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
5.2Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan  perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
5.3Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, dan penafsirannya
Geometri
6. Menentukan kedudukan, jarak, dan  besar sudut yang melibatkan titik, garis,  dan bidang dalam ruang dimensi tiga
6.1Menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
6.2Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga
6.3Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi tiga

Program Ilmu Pengetahuan Alam
3)         Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Statistika danPeluang
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
1.1Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
1.2Menyajikan data dalam bentuk tabel  dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
1.3Menghitung ukuran pemusatan,  kuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya
1.4Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
1.5Menentukan ruang sampel suatu percobaan
1.6Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
Trigonometri
2. Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya
2.1Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua  sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu
2.2Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus
2.3Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus
Aljabar
3. Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya
3.1Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan
3.2Menentukan persamaan garis  singgung pada lingkaran dalam berbagai  situasi

4)         Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Aljabar
4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah
4.1 Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi  dan sisa pembagian
4.2 Menggunakan teorema sisa dan  teorema factor dalam pemecahan masalah
5 Menentukan komposisi dua fungsi dan  invers suatu fungsi
4.1  Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
4.2  Menentukan invers suatu fungsi
Kalkulus
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah
6.1 Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga
6.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
6.3 Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi
6.4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah
6.5 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi
6.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya


5)         Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kalkulus
1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah

1.1 Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu
1.2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi  trigonometri yang sederhana
1.3Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volum benda putar
Aljabar
2. Menyelesaikan masalah program linear
2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variable
2.2 Merancang model matematika dari masalah program linear
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya
3. Menggunakan konsep matriks, vektor, dan transformasi dalam pemecahan masalah
3.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain
3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2
3.3 Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variable
3.4 Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah
3.5 Menggunakan sifat-sifat dan operasi perkalian skalar dua vektor dalam pemecahan  masalah.
3.6 Menggunakan transformasi geometri yang dapat dinyatakan dengan matriks dalam pemecahan masalah
3.7 Menentukan komposisi dari beberapa transformasi geometri beserta matriks  transformasinya

6)         Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Aljabar
4.Menggunakan konsep barisan dan deret dalam  pemecahan masalah
4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
4.2 Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian
4.3 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret
4.4Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan
5. Menggunakan penafsirannya aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah
5.1 Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah
5.2 Menggambar grafik fungsi eksponen dan logaritma
5.3 Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen atau logaritma dalam penyelesaian  pertidaksamaan eksponen atau logaritma sederhana

Program Ilmu Pengetahuan Sosial
7)         Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Statistika dan Peluang
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam  pemecahan masalah
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuranletak, dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya



8)         Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Aljabar
2. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi
2.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
2.2 Menentukan invers suatu fungsi
Kalkulus
3. Menggunakan konsep limit fungsi dan    turunan fungsi dalam pemecahan masalah
3.1 Menghitung limit fungsi aljabar   sederhana di suatu titik
3.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar
3.3 Menggunakan sifat dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi aljabar
3.4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi aljabar dan memecahkan masalah
3.5 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar
3.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar dan penafsirannya

9)         Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kalkulus
1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah sederhana
1.1 Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu
1.2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhana
1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Aljabar
2. Menyelesaikan masalah program linear
2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variable
2.2 Merancang model matematika dari masalah program linear
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya
3. Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah
3.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain
3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2x2
3.3 Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

10)     Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Aljabar
4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n  suku deret aritmetika dan geometri
4.2 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret
4.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan  menafsirkan solusinya


Share |



MAN Putussibau