Senin, 20 Juni 2011

Pengelolaan Blog dan Website Madrasah Aliyah

Sekarang zaman-nya sudah serba mudah, murah, dan canggih. Tentunya dengan bantuan teknologi yang sangat pesat, terutama teknologi informasi. Komunikasi sudah tidak terbatas, mudah dan murah. informasi yang sebelumnya sulit dan memakan waktu lama, dengan bantuan internet dalam hitungan menit bahkan detik sudah sampai ke tujuan yang diinginkan. Dunia bisnis-pun memanfaatkan fenomena luar biasa ini sebagai ladang penghasilan mereka.

Lalu bagaimana dengan dunia pendidikan, apa manfaatnya teknologi untuk dunia pendidikan. Jelas teknologi tidak lepas dari pendidikan dan pendidikan juga tidak bisa dilepaskan dari teknologi. Sedikit menyegarkan ingatan, teknologi komputer dan internet awalnya dikembangkan untuk riset dan pendidikan walau masih kalangan kampus, walau kini dunia bisnis yang menguasai dan membesarkan teknologi komputer dan internet. Jelas yang menguasai teknologi dihasilkan dari pendidikan bagus dan bermutu, dan untuk mencetak hasil yang bagus dan bermutu, maka pendidikan yang bagus harus dibarengi dengan teknologi yang bagus pula.

Madrasah sebagaimana sekolah juga memegang peranan penting dalam dunia pendidikan, karena bagaimanapun disinilah kader-kader generasi penerus umat dicetak. Selain sarana prasarana, tenaga pengajar, dan fasilitas yang baik, teknologi juga harus sudah dipersiapkan masuk ke madrasah. Sistem komputerisasi sudah mulai diterapkan, bahkan jika memungkinkan diwajibkan untuk madrasah-madrasah negeri. Sistem administrasi madrasah pun diharapkan sudah menggunakan sistem komputerisasi. Madrasah harus sudah mulai memanfaatkan internet sebagai media penyebaran informasi. Dan terbukti memang sudah banyak madrasah yang memiliki website untuk memberikan informasi madrasah.

Mengapa web dan blog penting untuk madrasah? Karena jika hanya memberikan informasi madrasah tidak-lah cukup, teknologi web mengijinkan penggunanya berkomunikasi dan berinteraksi. Bayangkan jika siswa mampu melihat jadwal pelajaran online, guru bisa memberikan tugas secara online, wali kelas dapat mengatur data-data siswa di kelas-nya, memantau aktifitas secara online, orang IT madrasah juga dapat mengatur sistem di web, mengatur tahun ajaran dan kegiatan-kegiatan akademis lainnya yang bisa dilakukan langsung dari website, dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
Sumber : Satu

APA ITU WEBSITE?
Kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

APA UNTUNGNYA MADRASAH PUNYA WEBSITE?
* Memperkenalkan profil madrasah
* Media kamunikasi madrasah dengan siswa, orangtua/wali,, Mapenda, Depag, diknas, Perguruan Tinggi,, alumni, dunia industri, dll
* Media resmi madrasah (pengumuman, berita resmi, dll)

Apa yang dibutuhkan untuk MEMBUAT sebuah WEBSITE?
* Nama domain (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)
* Rumah tempat website (Web hosting)
* Bahasa Program (Scripts Program)
* Desain website
* Program transfer data ke pusat data
* Publikasi website

WEBSITE YANG BERMUTU?
* Aspek fungsi (functionality) yang sesuai dengan tujuan,
* Desain (design) yang menarik,
* Isi website (content) yang memenuhi kebutuhan pengunjung,
* Originalitas web (originality) yang menunjukkan produk yang khas sebuah karya yang tidak duplikatif dari web lain,
* Profesionalisme dan efektivitas (professionalism & effectiveness). (Niraj Kumar Jha: 2009)

PENGELOLAAN WEBSITE MADRASAH YANG EFEKTIF?
* Tergantung kemampuan sekolah menyediakan perangkat teknologi,
* Kompetensi pengelolaan teknologi,
* Kompetensi mengolah informasi, dan
* Ketekunan untuk meng-update informasi web secara teratur dan berkelanjutan.

APA YANG PERLU DIPERHATIKAN MADRASAH?
* Web semakin baik jika semakin banyak bermanfaat bagi pengunjung (stakeholders).
* Mengembangkan teknologi
* Mengembangkan struktur lembaga pengelola Web Madrasah
* Memotivasi warga madrasah untuk mengakses website

Sumber : Dua


Silahkan Berkomentar




Share |



MAN Putussibau