Selasa, 14 Juni 2011

QUR’AN HADIS


C. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
1. QUR’AN HADIS
a. Kelas / Program : X, XI, XII / Inti
b. Standar Kompetensi Lulusan:
Memahami isi pokok al-Qur’an, fungsi, dan bukti-bukti kemurniannya,istilah-istilah hadis, fungsi hadis terhadap al-Qur'an, pembagian hadisditinjau dari segi kuantitas dan kualitasnya, serta memahami danmengamalkan ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang manusia dantanggung jawabnya di muka bumi, demokrasi serta pengembanganilmu pengetahuan dan teknologi.
1)         Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahamipengertian al-Qur'andan buktikeotentikannya
1.1        Menjelaskan pengertian al-Qur'anmenurut para ahli
1.2        Membuktikan keotentikan al-Qur'anditinjau dari segi keunikan redaksinya,kemukjizatannya, dan sejarahnya.
1.3        Menunjukkan prilaku orang yangmeyakini kebenaran al-Qur'an
2.      Memahami isi pokokajaran al-Qur'an
2.1        Mengidentifikasi isi pokok ajaran al-Qur'an
2.2        Menunjukkan ayat yang terkait denganisi pokok ajaran al-Qur'an
2.3        Menjelaskan kandungan ayat yangterkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an
2.4        Menerapkan kandungan ayat yangterkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an
3.      Memahami fungsi al- Qur'an dalamkehidupan
3.1       Mendeskripsikan fungsi al-Qur'an
3.2       Menunjukkan perilaku orang yangmenfungsikan al-Qur'an
3.3       Menerapkan fungsi al-Qur'an dalamkehidupan sehari-hari

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
4.      Memahami cara-caramencari surat danayat dalam al-Qur'an
4.1      Menunjukkan kitab-kitab yangberhubungan dengan cara-cara mencarisurat dan ayat dalam al-Qur'an
4.2      Menerapkan cara-cara mencari suratdan ayat dalam al-Qur'an
5.      Memahami ayat-ayatal-Qur’an tentangmanusia dantugasnya sebagaihamba Allah dankhalifah di bumi
5.1      Mengartikan QS al-Mu’minuun:12-14;QS al-Nahl:78; QS al-Baqarah:30 danQS adz-Dzaariyat: 56
5.2      Menjelaskan kandungan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-Nahl:78; QSal-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56
5.3      Menerapkan perilaku sebagai hambaAllah dan khalifah di bumi sepertiterkandung dalam QS al-Mu’minuun:12-14; QS an-Nahl:78; QSal-Baqarah:30dan QS adz-Dzaariyat: 56
6.      Memahami ayat-ayatal-Qur'an tentangdemokrasi
6.1      Mengartikan QS Ali Imraan 159 dan QSasy-Syuura: 38.
6.2      Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan159 dan QS asy-Syuura : 38.
6.3      Menerapkan perilaku hidup demokrasiseperti terkandung dalam QS Ali Imraan159 dan QS Asy-Syuura: 38. Dalamkehidupan sehari-hari

2)      Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami istilahistilahhadis
1.1      Mendefinisikan pengertian hadis,sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.
1.2      Membandingkan pengertian hadis,sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.
1.3      Menerapkan pengertian hadis, sunnah(sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dansunnah taqririyah), khabar, atsar danhadis qudsi.
2.      Memahami sanaddan matan hadis

2.1     Menjelaskan pengertian sanad danmatan.
2.2     Menerapkan pengertian sanad danmatan dalam hadis.


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.      Mendeskripsikanfungsi hadisterhadap al-Qur'an

3.1     Menjelaskan fungsi hadis terhadap al-Qur'an
3.2     Menunjukkan contoh fungsi hadisterhadap al-Qur'an.
3.3     Menerapkan fungsi hadis terhadapal-Qur'an.
4.      Memahamipembagian hadisdari segi kuantitasdan kualitasnya.
4.1     Menjelaskan pembagian hadis darisegikuantitasnya.
4.2     Menjelaskan pembagian hadis darisegi kualitasnya
5.      Memahami ayatayatal-Qur'antentang keikhlasandalam beribadah
5.1     Mengartikan QS al-An’aam: 162-163; QSal-Bayyinah: 5 dan hadis tentangkeikhlasan dalam beribadah
5.2     Menjelaskan kandungan QS al-An’aam:162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadistentang keikhlasan dalam beribadah
5.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS al-An’aam: 162-163;QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentangkeikhlasan dalam beribadah
5.4     Menampilkan perilaku ikhlas dalamberibadah seperti yang terkandungdalam QS al-An’aam: 162-163 ; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentangkeikhlasan dalam beribadah








3)      Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
Standar Kompetensi
1.         Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadistentang nikmat Allah dancara mensyukurinya
1.1.   Mengartikan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 dan hadis tentang syukur
1.2.   Menjelaskan kandungan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 danhadis tentang syukur
1.3.   Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS az-Zuhruf:9-13, QSal-’Ankabuut:17 dan hadis tentangsyukur
1.4.   Mengidentifikasikan macam- macamnikmat Allah sebagaimana terkandungdalam QS az-Zuhruf: 9-13
1.5.   Melaksanakan cara-cara mensyukurinikmat Allah seperti terkandung dalamQS al-’Ankabuut: 17, dan hadis tentangsyukur nikmat
2.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang perintahmenjaga kelestarianlingkungan hidup
2.1     Mengartikan QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58;QS Shad:27; QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah:204-206.
2.2     Menjelaskan kandungan QS ar-Ruum:41-42, QSal-A’raaf: 56-58;QS Shad:27;QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.
2.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS ar-Ruum: 41-42, QSal-A’raaf: 56-58;QS Shad:27.; QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah:204-206.
2.4     Menerapkan perilaku menjagakelestarian lingkungan hidupsebagaimana terkandung dalam QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58 danQS Shad:27, QS al-Furqaan: 45-50 danQS al-Baqarah: 204-20


4)      Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan al-Hadistentang pola hidupsederhana dan perintahmenyantuni para duafa
1.1        Mengartikan QS al-Qashash: 79-82; QSal-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah :177 dan hadis tentang hidup sederhanadan perintah menyantuni para dhuafa
1.2        Menjelaskan kandungan QS al-Qashash:79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidupsederhana dan perintah menyantuni paradhuafa
1.3        Mengidentifikasi perilaku orang – orangyang mengamalkan QS al-Qashash: 79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidupsederhana dan perintah menyantuni paradhuafa
1.4        Menerapkan prilaku hidup sederhanadan menyantuni kaum dhuafa QS al-Qashash: 7982; QS al-Israa’: 26-27,29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadistentang hidup sederhana dan perintahmenyantuni para dhuafa








Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentangberkompetisi dalamkebaikan.
2.1        Mengartikan QS al-Baqarah :148;QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97
2.2        Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah:148 ; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl: 97
2.3        Menceritakan perilaku orang yangmengamalkan QS al-Baqarah :148 ; QSal-Faathir :32 dan QS an-Nahl : 97
2.4        Mengidentifikasi hikmah perilakuberkompetisi dalam kebaikan.
2.5        Menerapakan prilaku berkompetisidalam kebaikan. seperti terkandungdalam QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97
3.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadistentang amar ma'ruf nahimunkar

3.1        Mengartikan QS Ali Imraan : 104 danhadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.
3.2        Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan :104 dan hadis tentang amar ma'ruf nahimunkar.
3.3        Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS Ali Imraan : 104 danhadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.
3.4        Melaksanakan amar ma'ruf nahi munkarseperti terkandung dalam QS Ali Imraan: 104 dan hadis tentang amar ma'ruf nahimunkar dalam kehidupan sehari-hari.



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
4.      Memahami ayat al-Qur'an dan Hadistentang ujian dancobaan
4.1        Mengartikan QS al-Baqarah: 155 danhadis tentang ujian dan cobaan.
4.2        Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah:155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.
4.3        Menunjukkan perilaku orang yang tabahdan sabar dalam menghadapi ujian dancobaan sebagaimana terkandung dalamQS al-Baqarah: 155 dan hadis tentangujian dan cobaan.
4.4        Menerapkan perilaku tabah dan sabardalam menghadapi ujian dan cobaanseperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujiandan cobaan.

5)      Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.   Memahami ayat-ayatal-Qur'an dan al-hadistentang kewajibanberdakwah.
1.1     Mengartikan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, danHadistentang kewajiban berdakwah.
1.2     Menjelaskan kandungan QS an-Nahl:125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr:94-96,dan Hadis tentang kewajibanberdakwah.
1.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS an-Nahl: 125; QSasy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96,dan Hadis tentang kewajibanberdakwah.
1.4     Menerapkan strategi berdakwah sepertiyang terkandung dalam QS an-Nahl:125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr:94-96; dan Hadis tentang berdakwahdalam kehidupansehari-hari.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.   Memahami ayat-ayatal-Qur'an dan al-hadistentang tanggungjawab manusiaterhadapkeluarga danmasyarakat
2.1     Mengartikan QS at-Tahriim: 6, QSThaha: 132; QS al-An’aam: 70; QS an-Nisaa’ :36dan QS Huud:117-119 danhadis tentang tanggung jawab manusiaterhadap keluarga danmasyarakat.
2.2     Menjelaskan kandungan QS at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132; QS al-An’aam: 70;QS anNisaa’ :36 dan QSHuud:117-119 dan hadis tentangtanggung jawab manusia terhadapkeluarga dan masyarakat.
2.3     Mengidentifikasi perilaku orang yangmengamalkan QS at-Tahriim: 6, QSThaha:132;QS al-An’aam: 70;QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 danhadis tentangtanggung jawab manusiaterhadap keluarga dan masyarakat.
2.4     Menerapkan tanggung jawab manusiaterhadap keluarga dan masyarakatseperti yang terkandung dalam QS at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132;QS al-An’aam: 70;QSan-Nisaa’ :36 dan QSHuud:117-119 dan hadis tentangtanggung jawab manusia dalamkehidupan sehari-hari




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.   Memahami ayat-ayatal-Qur’an dan hadistentang berlaku adildan jujur
3.1     Mengartikan QS al-Maa’idah: 8-10; QSan-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 danhadis tentang berlaku adil dan jujur.
3.2     Menjelaskan kandungan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QSan-Nisaa’: 105dan hadis tentangberlaku adil dan jujur.
3.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS al-Maa’idah: 8-10;QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105dan hadis tentang berlaku adil dan jujur
3.4     Menerapkan perilaku adil dan jujurdalam perkataan dan perbuatan sepertiterkandungdalam QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’:105 dan hadis tentangberlaku adil danjujur















6)      Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami ayat-ayatal-Qur'an dan hadistentang toleransi danetika pergaulan
1.1     Mengartikan QS al-Kaafiruun: 1-6; QSYuunus: 40-41; QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etikapergaulan.
1.2     Menjelaskan kandungan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QSal-Kahfi: 29; QSal-Hujuraat: 10-13 danhadis tentang etika pergaulan.
1.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS al-Kaafiruun: 1-6;QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QSal-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentangetika pergaulan.
1.4     Menerapkan perilaku bertoleransi danberetika dalam pergaulan seperti yangterkandung dalam QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29;QS al-Hujuraat: 10-13dan hadistentang etika pergaulan dalamkehidupan sehari-hari.
2.      Memahami ayat-ayatal-Qur'an dan hadistentang etos kerja
1.1     Mengartikan QS al-Mujaadalah: 11;QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash:77 danhadis etos kerja
1.2     Menjelaskan kandungan QS al-Mujaadalah: 11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etoskerja
1.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS al-Mujaadalah: 11;QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash:77 dan hadis etos kerja
1.4     Menerapkan perilaku beretos kerjaseperti yang terkandung dalam QS al-Mujaadalah:11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etoskerja.




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.      Memahami ayat-ayatal-Qur'an dan hadistentang makanan yanghalal dan baik
3.1     Menerjemahkan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 danhadis tentang makanan yang halal danbaik.
3.2     Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yanghalal dan baik.
3.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS al-Baqarah:168-169 :QS al-Baqarah 172-173 dan hadistentang makanan yang halal dan baik.
3.4     Mengidentifikasi makanan yang halaldan baik seperti terkandung dalam QSal-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah172-173 dan hadis tentang makananyang halal dan baik.
3.5     Menerapkan kandungan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yanghalal dan baik dalam kehidupan seharihari.
4.   Memahami ayat-ayatal-Qur'an tentang ilmupengetahuan danteknologi
4.1     Menerjemahkan QS al-‘Alaq: 1-5, QSYuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
4.2     Menjelaskan kandungan QS al-‘Alaq:1-5; QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah:164.
4.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS al-‘Alaq: 1-5, QSYuunus: 101; QSal-Baqarah: 164.
4.4     Melakukan pengembangan ilmupengetahuan dan teknologi sepertiterkandung dalam QS al-‘Alaq: 1-5, QSYuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.

C. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
1. QUR’AN HADIS
a. Kelas / Program : X, XI, XII / Inti
b. Standar Kompetensi Lulusan:
Memahami isi pokok al-Qur’an, fungsi, dan bukti-bukti kemurniannya,istilah-istilah hadis, fungsi hadis terhadap al-Qur'an, pembagian hadisditinjau dari segi kuantitas dan kualitasnya, serta memahami danmengamalkan ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang manusia dantanggung jawabnya di muka bumi, demokrasi serta pengembanganilmu pengetahuan dan teknologi.
1)         Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahamipengertian al-Qur'andan buktikeotentikannya
1.1        Menjelaskan pengertian al-Qur'anmenurut para ahli
1.2        Membuktikan keotentikan al-Qur'anditinjau dari segi keunikan redaksinya,kemukjizatannya, dan sejarahnya.
1.3        Menunjukkan prilaku orang yangmeyakini kebenaran al-Qur'an
2.      Memahami isi pokokajaran al-Qur'an
2.1        Mengidentifikasi isi pokok ajaran al-Qur'an
2.2        Menunjukkan ayat yang terkait denganisi pokok ajaran al-Qur'an
2.3        Menjelaskan kandungan ayat yangterkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an
2.4        Menerapkan kandungan ayat yangterkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an
3.      Memahami fungsi al- Qur'an dalamkehidupan
3.1       Mendeskripsikan fungsi al-Qur'an
3.2       Menunjukkan perilaku orang yangmenfungsikan al-Qur'an
3.3       Menerapkan fungsi al-Qur'an dalamkehidupan sehari-hari

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
4.      Memahami cara-caramencari surat danayat dalam al-Qur'an
4.1      Menunjukkan kitab-kitab yangberhubungan dengan cara-cara mencarisurat dan ayat dalam al-Qur'an
4.2      Menerapkan cara-cara mencari suratdan ayat dalam al-Qur'an
5.      Memahami ayat-ayatal-Qur’an tentangmanusia dantugasnya sebagaihamba Allah dankhalifah di bumi
5.1      Mengartikan QS al-Mu’minuun:12-14;QS al-Nahl:78; QS al-Baqarah:30 danQS adz-Dzaariyat: 56
5.2      Menjelaskan kandungan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-Nahl:78; QSal-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56
5.3      Menerapkan perilaku sebagai hambaAllah dan khalifah di bumi sepertiterkandung dalam QS al-Mu’minuun:12-14; QS an-Nahl:78; QSal-Baqarah:30dan QS adz-Dzaariyat: 56
6.      Memahami ayat-ayatal-Qur'an tentangdemokrasi
6.1      Mengartikan QS Ali Imraan 159 dan QSasy-Syuura: 38.
6.2      Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan159 dan QS asy-Syuura : 38.
6.3      Menerapkan perilaku hidup demokrasiseperti terkandung dalam QS Ali Imraan159 dan QS Asy-Syuura: 38. Dalamkehidupan sehari-hari

2)      Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami istilahistilahhadis
1.1      Mendefinisikan pengertian hadis,sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.
1.2      Membandingkan pengertian hadis,sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.
1.3      Menerapkan pengertian hadis, sunnah(sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dansunnah taqririyah), khabar, atsar danhadis qudsi.
2.      Memahami sanaddan matan hadis

2.1     Menjelaskan pengertian sanad danmatan.
2.2     Menerapkan pengertian sanad danmatan dalam hadis.


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.      Mendeskripsikanfungsi hadisterhadap al-Qur'an

3.1     Menjelaskan fungsi hadis terhadap al-Qur'an
3.2     Menunjukkan contoh fungsi hadisterhadap al-Qur'an.
3.3     Menerapkan fungsi hadis terhadapal-Qur'an.
4.      Memahamipembagian hadisdari segi kuantitasdan kualitasnya.
4.1     Menjelaskan pembagian hadis darisegikuantitasnya.
4.2     Menjelaskan pembagian hadis darisegi kualitasnya
5.      Memahami ayatayatal-Qur'antentang keikhlasandalam beribadah
5.1     Mengartikan QS al-An’aam: 162-163; QSal-Bayyinah: 5 dan hadis tentangkeikhlasan dalam beribadah
5.2     Menjelaskan kandungan QS al-An’aam:162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadistentang keikhlasan dalam beribadah
5.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS al-An’aam: 162-163;QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentangkeikhlasan dalam beribadah
5.4     Menampilkan perilaku ikhlas dalamberibadah seperti yang terkandungdalam QS al-An’aam: 162-163 ; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentangkeikhlasan dalam beribadah








3)      Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
Standar Kompetensi
1.         Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadistentang nikmat Allah dancara mensyukurinya
1.1.   Mengartikan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 dan hadis tentang syukur
1.2.   Menjelaskan kandungan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 danhadis tentang syukur
1.3.   Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS az-Zuhruf:9-13, QSal-’Ankabuut:17 dan hadis tentangsyukur
1.4.   Mengidentifikasikan macam- macamnikmat Allah sebagaimana terkandungdalam QS az-Zuhruf: 9-13
1.5.   Melaksanakan cara-cara mensyukurinikmat Allah seperti terkandung dalamQS al-’Ankabuut: 17, dan hadis tentangsyukur nikmat
2.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang perintahmenjaga kelestarianlingkungan hidup
2.1     Mengartikan QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58;QS Shad:27; QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah:204-206.
2.2     Menjelaskan kandungan QS ar-Ruum:41-42, QSal-A’raaf: 56-58;QS Shad:27;QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.
2.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS ar-Ruum: 41-42, QSal-A’raaf: 56-58;QS Shad:27.; QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah:204-206.
2.4     Menerapkan perilaku menjagakelestarian lingkungan hidupsebagaimana terkandung dalam QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58 danQS Shad:27, QS al-Furqaan: 45-50 danQS al-Baqarah: 204-20


4)      Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan al-Hadistentang pola hidupsederhana dan perintahmenyantuni para duafa
1.1        Mengartikan QS al-Qashash: 79-82; QSal-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah :177 dan hadis tentang hidup sederhanadan perintah menyantuni para dhuafa
1.2        Menjelaskan kandungan QS al-Qashash:79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidupsederhana dan perintah menyantuni paradhuafa
1.3        Mengidentifikasi perilaku orang – orangyang mengamalkan QS al-Qashash: 79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidupsederhana dan perintah menyantuni paradhuafa
1.4        Menerapkan prilaku hidup sederhanadan menyantuni kaum dhuafa QS al-Qashash: 7982; QS al-Israa’: 26-27,29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadistentang hidup sederhana dan perintahmenyantuni para dhuafa








Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentangberkompetisi dalamkebaikan.
2.1        Mengartikan QS al-Baqarah :148;QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97
2.2        Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah:148 ; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl: 97
2.3        Menceritakan perilaku orang yangmengamalkan QS al-Baqarah :148 ; QSal-Faathir :32 dan QS an-Nahl : 97
2.4        Mengidentifikasi hikmah perilakuberkompetisi dalam kebaikan.
2.5        Menerapakan prilaku berkompetisidalam kebaikan. seperti terkandungdalam QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97
3.      Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadistentang amar ma'ruf nahimunkar

3.1        Mengartikan QS Ali Imraan : 104 danhadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.
3.2        Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan :104 dan hadis tentang amar ma'ruf nahimunkar.
3.3        Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS Ali Imraan : 104 danhadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.
3.4        Melaksanakan amar ma'ruf nahi munkarseperti terkandung dalam QS Ali Imraan: 104 dan hadis tentang amar ma'ruf nahimunkar dalam kehidupan sehari-hari.



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
4.      Memahami ayat al-Qur'an dan Hadistentang ujian dancobaan
4.1        Mengartikan QS al-Baqarah: 155 danhadis tentang ujian dan cobaan.
4.2        Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah:155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.
4.3        Menunjukkan perilaku orang yang tabahdan sabar dalam menghadapi ujian dancobaan sebagaimana terkandung dalamQS al-Baqarah: 155 dan hadis tentangujian dan cobaan.
4.4        Menerapkan perilaku tabah dan sabardalam menghadapi ujian dan cobaanseperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujiandan cobaan.

5)      Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.   Memahami ayat-ayatal-Qur'an dan al-hadistentang kewajibanberdakwah.
1.1     Mengartikan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, danHadistentang kewajiban berdakwah.
1.2     Menjelaskan kandungan QS an-Nahl:125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr:94-96,dan Hadis tentang kewajibanberdakwah.
1.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS an-Nahl: 125; QSasy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96,dan Hadis tentang kewajibanberdakwah.
1.4     Menerapkan strategi berdakwah sepertiyang terkandung dalam QS an-Nahl:125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr:94-96; dan Hadis tentang berdakwahdalam kehidupansehari-hari.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.   Memahami ayat-ayatal-Qur'an dan al-hadistentang tanggungjawab manusiaterhadapkeluarga danmasyarakat
2.1     Mengartikan QS at-Tahriim: 6, QSThaha: 132; QS al-An’aam: 70; QS an-Nisaa’ :36dan QS Huud:117-119 danhadis tentang tanggung jawab manusiaterhadap keluarga danmasyarakat.
2.2     Menjelaskan kandungan QS at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132; QS al-An’aam: 70;QS anNisaa’ :36 dan QSHuud:117-119 dan hadis tentangtanggung jawab manusia terhadapkeluarga dan masyarakat.
2.3     Mengidentifikasi perilaku orang yangmengamalkan QS at-Tahriim: 6, QSThaha:132;QS al-An’aam: 70;QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 danhadis tentangtanggung jawab manusiaterhadap keluarga dan masyarakat.
2.4     Menerapkan tanggung jawab manusiaterhadap keluarga dan masyarakatseperti yang terkandung dalam QS at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132;QS al-An’aam: 70;QSan-Nisaa’ :36 dan QSHuud:117-119 dan hadis tentangtanggung jawab manusia dalamkehidupan sehari-hari




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.   Memahami ayat-ayatal-Qur’an dan hadistentang berlaku adildan jujur
3.1     Mengartikan QS al-Maa’idah: 8-10; QSan-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 danhadis tentang berlaku adil dan jujur.
3.2     Menjelaskan kandungan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QSan-Nisaa’: 105dan hadis tentangberlaku adil dan jujur.
3.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS al-Maa’idah: 8-10;QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105dan hadis tentang berlaku adil dan jujur
3.4     Menerapkan perilaku adil dan jujurdalam perkataan dan perbuatan sepertiterkandungdalam QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’:105 dan hadis tentangberlaku adil danjujur















6)      Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami ayat-ayatal-Qur'an dan hadistentang toleransi danetika pergaulan
1.1     Mengartikan QS al-Kaafiruun: 1-6; QSYuunus: 40-41; QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etikapergaulan.
1.2     Menjelaskan kandungan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QSal-Kahfi: 29; QSal-Hujuraat: 10-13 danhadis tentang etika pergaulan.
1.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS al-Kaafiruun: 1-6;QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QSal-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentangetika pergaulan.
1.4     Menerapkan perilaku bertoleransi danberetika dalam pergaulan seperti yangterkandung dalam QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29;QS al-Hujuraat: 10-13dan hadistentang etika pergaulan dalamkehidupan sehari-hari.
2.      Memahami ayat-ayatal-Qur'an dan hadistentang etos kerja
1.1     Mengartikan QS al-Mujaadalah: 11;QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash:77 danhadis etos kerja
1.2     Menjelaskan kandungan QS al-Mujaadalah: 11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etoskerja
1.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS al-Mujaadalah: 11;QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash:77 dan hadis etos kerja
1.4     Menerapkan perilaku beretos kerjaseperti yang terkandung dalam QS al-Mujaadalah:11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etoskerja.




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.      Memahami ayat-ayatal-Qur'an dan hadistentang makanan yanghalal dan baik
3.1     Menerjemahkan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 danhadis tentang makanan yang halal danbaik.
3.2     Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yanghalal dan baik.
3.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS al-Baqarah:168-169 :QS al-Baqarah 172-173 dan hadistentang makanan yang halal dan baik.
3.4     Mengidentifikasi makanan yang halaldan baik seperti terkandung dalam QSal-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah172-173 dan hadis tentang makananyang halal dan baik.
3.5     Menerapkan kandungan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yanghalal dan baik dalam kehidupan seharihari.
4.   Memahami ayat-ayatal-Qur'an tentang ilmupengetahuan danteknologi
4.1     Menerjemahkan QS al-‘Alaq: 1-5, QSYuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
4.2     Menjelaskan kandungan QS al-‘Alaq:1-5; QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah:164.
4.3     Menunjukkan perilaku orang yangmengamalkan QS al-‘Alaq: 1-5, QSYuunus: 101; QSal-Baqarah: 164.
4.4     Melakukan pengembangan ilmupengetahuan dan teknologi sepertiterkandung dalam QS al-‘Alaq: 1-5, QSYuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.


Share |



MAN Putussibau