BAB III
STANDAR KOMPETENSI MAN PUTUSSIBAUKAB. KAPUAS HULU
A. Standar Kompetensi Lulusan MAN Putussibau
Bagian ini menyajikan tentang Standar kompentensi lulusan Madrasah Aliyahsesuai dengan Permendiknas No. 23 tahun 2008 tentang StandarKompetensi Lulusan untuk Satuan Dasar dan Menengah. SKL tersebutadalah sebagai berikut:
- Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai denganperkembangan remaja
- Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diriserta memperbaiki kekurangannya
- Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku,perbuatan, dan pekerjaannya
- Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
- Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongansosial ekonomi dalam lingkup global
- Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis,kritis, kreatif, dan inovatif
- Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalampengambilan keputusan
- Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untukpemberdayaan diri.
- Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yangterbaik.
- Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalahkompleks.
- Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
- Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
- Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, danbernegara secara demokratis dalam wadah negara kesatuan republikindonesia
- Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
- Mengapresiasi karya seni dan budaya
- Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
- Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, sertakebersihan lingkungan.
- Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
- Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan dimasyarakat
- Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap oranglain
- Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secarasistematis dan estetis
- Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicaradalam bahasa indonesia dan inggris
- Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikantinggi
A. Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran MAN Putussibau
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar NasionalPendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikanumum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiriatas:
- kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
- kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
- kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
- kelompok mata pelajaran estetika;
- kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
Cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada tabel 5 berikut.
Tabel 5. Cakupan Kelompok Mata Pelajaran
NO | Kelompok Mata Pelajaran | Cakupan |
1. | Agama dan Akhlak Mulia | Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. |
NO | Kelompok Mata Pelajaran | Cakupan |
2. | Kewarganegaraan dan Kepribadian | Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme |
3. | Ilmu Pengetahuan dan Teknologi | Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada MAN Putussibau dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri. |
4. | Estetika | Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis. |
Kewarganegaraan Dan Kepribadian
a. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, danbernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan RepublikIndonesia
b. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial, hukum danperundangan
c. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, golongan sosialekonomi, dan budaya dalam tatanan global
d. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
e. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diriserta memperbaiki kekurangannya
f. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagaicara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
g. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku,perbuatan, dan pekerjaannya
h. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untukpemberdayaan diri
i. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
j. Berkarya secara kreatif, baik individual maupun kelompok
k. Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
l. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk meningkatkan ketaqwaandan memperkuat kepribadian
m. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan dimasyarakat
n. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap oranglain
o. Menunjukkan apresiasi terhadap karya estetika
2. Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
a. Membangun dan menerapkan informasi, pengetahuan, dan teknologisecara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
b. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif secaramandiri
c. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untukpemberdayaan diri
d. Menunjukkan sikap kompetitif, sportif, dan etos kerja untuk mendapatkanhasil yang terbaik dalam bidang iptek
e. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalahkompleks
f. Menunjukkan kemampuan menganalisis fenomena alam dan sosial sesuaidengan kekhasan daerah masing-masing
g. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
h. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagaicara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
i. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
j. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicaradalam bahasa Indonesia dan Inggris
k. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikantinggi
3.Estetika
a. Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi dan kreasi seni
b. Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni
c. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni
d. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
4. Jasmani, Olah Raga, Dan Kesehatan
a. Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
b. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan potensi lokaluntuk menunjang kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
c. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yangterbaik dalam bidang pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan
Silahkan Berkomentar |